Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. FOTO: KEMENTERIAN DALAM NEGERI

Tito: Penanganan Covid-19, Pemprov Harap Bantu Anggaran Kabupaten/Kota

(Beitadaerah – Nasional) Dalam rangka penanganan pandemi Covid-19, Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri meminta pemerintah provinsi untuk membantu daerah lain, dari sisi anggaran untuk penanganan Covid-19 tersebut.

Untuk itu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengimbau para Gubernur untuk membantu daerah lain yang keuangannya terbatas dalam penanganan Covid-19. Hal ini disampaikan melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor Surat- Nomor 440/2856/sJ tentang Bantuan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 pada tanggal 14 April 2020.

“Para gubernur dihimbau untuk dapat memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintah Kabupaten atau Kota yang memiliki kemampuan keuangan terbatas dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, yang dibebankan pada APBD dengan memperhatikan kemampuan keuangan masing-masing daerah,” ungkap Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Mochammad Ardian Noervianto dalam keterangannya, pada Jumat 17 April 2020.

Surat edaran itu, menurut Ardian Noervianto sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, Serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Mendagri menanggapinya dengan  mengingatkan para Gubernur sebagai bentuk solidaritas untuk membantu percepatan penanganan Covid-19 di lingkungan Pemkab dan Pemkot di wilayahnya.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center