(Beritadaerah – Nasional) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Subandrio, menyampaikan bahwa pada tahun 2021 sektor pariwisata bisa rebound meski secara bertahap (staging) setelah melewati masa pandemi Virus Korona (Covid-19) ini.

“Bapak Presiden sangat concern terhadap ke depan teman-teman pariwisata dan juga ekonomi kreatif. Dan ekonomi kreatif itu kan banyak yang sekarang ini terhambat pekerjaannya, seperti pekerja film, penari, banyak banget itu yang juga mesti kita pikirkan,” ujar Menparekraf menyebut ada 13 juta pekerja pariwisata terkena dampak kesulitan ekonomi.

Menparekraf menyampaikan bahwa dengan asumsi bulan Juni sudah recovery, pakai asumsi karena belum berakhir dan kerugiannya bisa bertambah terus atau berkurang, Menparekraf menyebutkan mungkin potensi dari devisa saja kurang lebih separuh dari tahun lalu, yang saat itu mendapatkan devisa sekitar USD20 miliar dari pariwisata.

Diperkirakan jika tahun lalu mencapai 16 juta wisatawan, tahun ini mungkin diperkirakan mencapai sekitar 5 jutaan wisatawan.

Diharapkan sektor pariwisata rebound pasca pandemi Covid-19 ini, tapi butuh persiapan dan tahapan. Misalnya konektivitas, perlu pemulihan kembali jumlah rute penerbangan ke Luar Negeri.

Wishnutama meyakini tahun 2021 pariwisata bisa rebound untuk sektor pariwisata dan juga ekonomi kreatif, bahkan bisa lebih baik daripada sebelumnya. “Karena kita banyak belajar di sini, kita banyak belajar menghadapi tantangan ini. Dan saya rasa ini sebuah spirit yang perlu kita kobarkan agar kita tetap optimis terhadap pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif,” imbuhnya.

Menparekraf menyadari ini adalah kesempatan untuk meredesain pariwisata Indonesia menjadi yang lebih baik ke depannya.

Terkait realokasi anggaran dari Kemenparekraf, Wishnutama sampaikan yang Rp500 miliar untuk masa  tanggap darurat. Sedangkan untuk kebijakan-kebijakan insentif ekonomi dan lain sebagainya, menurut Memparekraf,  masih didiskusikan terus dengan kementerian-kementerian terkait.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.