(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (15/4), melalui konferensi video, dari Istana Merdeka, memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Program Mitigasi Dampak Virus Korona (Covid-19) terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Presiden memberikan 4 (empat) arahan dalam rangka mitigasi dampak pandemi Covid-19 terhadap UMKM, yakni sebagai berikut:

Pertama, mempercepat dan dipercepat eksekusi program relaksasi restrukturisasi kredit bagi UMKM yang mengalami kesulitan. Menurut Presiden, mekanisme bantuan untuk kredit UMKM baik itu berupa subsidi bunga, berupa penundaan pembayaran pokok, kemudian yang penting pemberian tambahan kredit modal kerja harus segera dilaksanakan. “Jangan menunggu sampai mereka tutup baru kita bergerak. Jangan sampai nanti terlambat, jangan sampai terlambat dan menimbulkan gejolak di masyarakat. Semua saya minta semua kebutuhan betul-betul dihitung anggarannya dan sehingga kita nantinya bisa memutuskan,” imbuh Presiden.

Kedua, dalam masa pandemi ini Presiden juga minta disiapkan sebuah skema baru dalam pembiayaan terutama yang berkaitan dengan investasi dan dengan modal kerja. “Dan pengajuannya yang lebih mudah dengan jangkauan, terutama untuk daerah-daerah yang terdampak,” kata Presiden.

Ketiga, untuk usaha mikro dan ultra mikro, Presiden meminta juga dimasukkan dalam skema bantuan sosial, terutama yang berkaitan dengan paket sembako.

Keempat, Presiden minta untuk UMKM diberikan peluang terus untuk berproduksi. “Terutama di sektor pertanian, di sektor-sektor industri rumah tangga serta warung-warung tradisional dan sektor makanan dengan protokol kesehatan yang ketat,” pungkas Presiden.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.