Ilustrasi Penanganan Covid-19 (Foto: Kemenkeu)

Presiden Luaskan Tes Cepat PCR Cegah Covid-19 Jangkau 10.000 orang per Hari

(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo hari ini, Senin (13/4/2020), melalui konferensi video memberikan arahan untuk  memperluas jangkauan tes cepat menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) hingga mencapai 10 ribu orang per hari.

Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di berbagai wilayah, agar mengurangi tumpukan orang yang akan di tes terutama di daerah episentrum.

Untuk kondisi saat ini, pemerintah telah mempersiapkan sebanyak 29 laboratorium yang segera dipergunakan untuk melakukan tes PCR. Dan akan terus mempersiapkan tambahan sebanyak 49 yang tersebar di berbagai wilayah di dalam negeri. “Total pemerintah akan persiapkan 78 laboratorium untuk mengetes PCR bagi masyarakat,” imbuhnya.

Terkait dengan ketersediaan alat, saat ini sudah ada 18 alat PCR yang mampu melakukan tes massal hingga mencapai hampir 10 ribu orang. Proses instalasi alat tersebut yang cukup sulit sehingga memerlukan waktu agak lama untuk membuat alat ini bekerja maksimal.

“Dalam satu hari, satu alat PCR bisa tes sebanyak 500 orang. Apabila terdapat 18 alat itu bisa diinstal maka dapat mengetes 9000 orang per hari. Ini sangat baik,” tutur Presiden.

Sebelumnya, Kementerian BUMN memberikan alat tes untuk mendeteksi Covid-19 yang bisa melayani 1300-1400 orang dalam satu hari ke Rumah Sakit (RS) Pertamina Jaya, DKI Jakarta pada Sabtu (4/4/2020).

“Rencananya alat itu massal itu bisa melakukan tes 1300-1400 orang per hari. Alat itu sampai pada Sabtu ini ke rumah sakit Pertamina Jaya yang berada di sekitar wilayah Cempaka Putih,” ujar Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin melalui siaran pers.

Alat tes Covid-19 ini, lanjut dia, akan diberikan pada RS milik BUMN yang berada di wilayah yang memiliki jumlah pasien positif dengan jumlah banyak.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center