(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini, Selasa (7/4), memimpin Rapat Terbatas (ratas) mengenai Efektivitas Penyaluran Program Jaring Pengaman Sosial melalui Konferensi Video dari Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta.

Dalam kata pengantar, Presiden Jokowi menyampaikan program-program ini penting bagi rakyat, sehingga memberikan penekanan, sebagai berikut:

Pertama, pelaksanaan Penyaluran Program Jaring Pengaman Sosial harus betul-betul tepat sasaran, data juga dari kelompok penerima manfaat by name, by adress. “Sehingga tepat dan akurat melibatkan RT/RW dan Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah, sehingga betul-betul bantuan ini bisa tepat,” ujar Presiden Jokowi.

Kedua, penyalurannya sesegera mungkin, secepat mungkin, tepat, dan cepat.

Ketiga, mekanisme penyaluran jaring pengaman sosial ini dilakukan seefisien mungkin, dengan menggunakan cara-cara praktis, tidak berbelit-belit, dan menyulitkan masyarakat. “Rancang mekanisme yang bisa melibatkan sektor usaha mikro, usaha kecil, pedagang sembako di pasar, jasa transportasi ojek,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi berharap program-program ini dapat menggerakkan usaha-usaha yang berada di bawah. “Sehingga ini bisa menggerakkan, mengikutsertakan usaha-usaha yang di bawah agar bersama-sama dengan kita dan juga ekonomi di bawah ikut bergerak,” pungkas Presiden.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.