Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden. FOTO: VIBIZMEDIA.COM MARULI SINAMBELA

Wajib Gunakan Masker Saat Keluar Rumah Mulai 5 April

(Vibizmedia – Nasional) Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto pada hari ini, Minggu (5/4), menyampaikan update penanganan dan pengendalian Covid-19 di Indonesia dari Graha BNPB di Jakarta.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah sebanyak   181 kasus menjadi 2.273 kasus positif akumulatif. Namun kabar baiknya pasien yang dinyatakan sudah sembuh dan diijinkan pulang, dari total 150 orang kemarin, bertambah 14 orang menjadi 164 orang. Sedangkan yang meninggal, bertambah sebanyak 7 orang menjadi 198 orang.

Kembali dr. Achmad Yurianto juga memberikan apresiasi khususnya  terhadap semua  keluarga di seluruh tanah air yang telah patuh dan disiplin untuk tetap  tinggal di rumah.  Karena keluarga adalah basis dari upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ini.

Ia mengakui bahwa situasi ini menjadi proses yang berkepanjangan yang tentunya akan menjadi beban bagi para ibu rumah tangga dan kepala rumah tangga, para bapak   yang menjadi juru penenang dan harus mampu memberikan penjelasan yang baik kepada anggota keluarga. Sehingga  secara bersama-sama bisa saling melindungi agar tidak ada anggota keluarga yang tertular.

Tetap berada dalam rumah, selain menjaga imunitas tubuh juga menjadi kesempatan yang baik untuk beribadah dan berdoa bersama. Dan diingatkan tetap harus aktif dan produktif dari rumah. Semakin banyak keluarga sehat maka masyarakat semakin kuat.

Disampaikan oleh Yuri juga bahwa mulai hari ini (5/4), sesuai dengan arahan WHO, maka kita jalankan masker untuk semua. Jadi semua orang harus menggunakan masker pada saat  keluar rumah.

Yang dipakai adalah masker kain, karena masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Disarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam, kemudian dicuci dalam air sabun, untuk mencegah terjadinya penularan. Di samping tetap harus disiplin sering melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun minimal 20 detik.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.