(Beritadaerah – Jakarta) Kebutuhan akomodasi bagi tenaga medis dan anggota gugus tugas yang ada di garda terdepan dalam menangani wabah COVID-19 di Jakarta menjadi perhatian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Untuk itu kembali Kemenparekraf bekerja sama dengan RedDoorz, platform manajemen dan pemesanan hotel online, guna menyediakan akomodasi bagi tenaga medis, demikian yang dikatakan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo saat melakukan kunjungan ke Reddoorz.

Wamenparekraf Angela turut didampingi oleh Direktur Umum, SDM dan Pendidikan RSU Fatmawati Gede Ketut Wirakamboja, President Director RedDoorz Mohit Gandas, dan Deputi Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak termasuk industri pariwisata yang sama-sama mendukung upaya penanggulangan COVID-19 ini. Saat ini, prioritas pemerintah adalah melindungi kesehatan dan keselamatan seluruh lapisan masyarakat,” kata Angela Tanoesoedibjo dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (2/4).

Wamenparkeraf Angela mengatakan, kerja sama ini juga sebagai upaya menjaga kelangsungan industri perhotelan yang merupakan bagian penting dalam pariwisata nasional. Dalam kerja sama ini Wamenparekraf kembali menegaskan bahwa alasan terpenting dalam melakukan kerja sama ini adalah pihak hotel harus memiliki standarisasi yang sudah ditetapkan, agar bisa memberikan rasa nyaman dan aman kepada tenaga medis yang menginap dan juga bagi pekerja hotel di dalamnya.

Dalam kerja sama ini disiapkan total 99 kamar hotel untuk 130 orang tenaga medis yang tersedia di dua hotel, yaitu RedDoorz Plus Near Plaza Blok M dan RedDoorz Blora di Menteng. Kedua hotel tersebut dipilih karena kedekatan lokasi dengan dua rumah sakit rujukan yang menangani cukup banyak kasus COVID-19 di Jakarta yaitu RSU Fatmawati, RSPAD Gatot Soebroto, dan RS Dr. Cipto Mangunkusumo.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Umum, SDM dan Pendidikan RSU Fatmawati Gede Ketut Wirakamboja mengatakan sebagai pihak RSU Fatmawati merasa tidak sendiri dalam menangani wabah pandemi COVID-19 ini.

Sedangkan President Director RedDoorz Mohit Gandas mengatakan, dukungan ini sebagai bagian dari program “Red Heroes”, sebuah inisiatif regional terbaru dari RedDoorz yang bertujuan membantu layanan bagi staf medis yang menjadi garis terdepan dalam memerangi COVID-19.

Sebelumnya Kemenparekraf telah bekerja sama dengan Accor Group dalam menyiapkan akomodasi bagi tenaga medis yang ada di RSCM, RSPAD, RS Persahabatan dan RSPI Sulianti Saroso. Pihak Kemenparekraf juga menyerahkan teknis penggunaanya kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts