Area Rumah Sakit di Pulau Galang (Foto: PUPR)

Presiden Jokowi Tinjau RS Darurat Covid-19 di Pulau Galang – Batam

(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini (Rabu, 1 April) mengunjungi Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka kunjungan kerja, Rabu (1/4), untuk meninjau kesiapan Rumah Sakit Darurat Penanganan Virus Korona (Covid-19) yang berada di Pulau Galang, Kota Batam.

Setiba di Bandara Hang Nadim, Presiden langsung bergerak menuju lokasi RS Darurat di Pulau Galang, Kelurahan Sei Jantung, Kecamatan Galang, Kota Batam. Selepas kunjungan tersebut.

Pembangunan fasilitas observasi penyakit menular di Pulau Galang dibagi menjadi 3 Zonasi, yakni Zona A (Renovasi Eks Sinam) meliputi gedung penunjang seperti mess petugas, dokter dan perawat, gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house.

Zona B meliputi fasilitas penampungan dan fasilitas pendukung seperti ruang isolasi, ruang observasi, Laboratorium, ruang sterilisasi, GWT, Central Gas Medik, instalasi jenazah, landasan helikopter (helipad), dan zona utilitas. Selain itu di sekitar fasilitas utama juga akan dilengkapi ruang tindakan, ruang penyimpanan mobile rontgen, ruang laboratorium, dapur, renovasi bangunan existing untuk bangunan penunjang, fasilitas air bersih, air limbah, drainase, sampah, dan utilitas lainnya, serta ruang alat kesehatan ruang isolasi dan observasi.

Setelah mendengarkan penjelasan terkait dengan progres kondisi pembangunan fasilitas kesehatan tersebut yang sudah mencapai 95 persen. Presiden Joko Widodo segera memantau kesiapan dari setiap sudut dari fasilitas kesehatan tersebut.

Semula fasilitas ini ditargetkan selesai pada Sabtu (28/3/2020) lalu, namun karena kendala faktor pengiriman barang, termasuk material konstruksi, akibat cuaca buruk, maka target penyelesaian bergeser menjadi tanggal 5 April 2020. Target ini disesuaikan dengan memperhatikan keterlambatan pengiriman material, pemasangan instalasi kesehatan, dan mobilisasi petugas medis.

Turut serta dalam kunjungan tersebut di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. Presiden dan rombongan diagendakan untuk kembali menuju Jakarta dan tiba pada sore hari.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.