Penanganan COVID-19, Indonesia Menerima Bantuan 40 Ton Alat Kesehatan

(Beritadaerah – Nasional) Indonesia mendapat bantuan alat kesehatan dari negara Tiongkok dalam pengendalian dan penanganan wabah Covid-19 di Tanah Air. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bekerja sama dengan Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) mengkoordinasi sumbangan alat-alat kesehatan dari Tiongkok.

Alat-alat kesehatan (alkes) yang berjumlah sekitar 40 ton tersebut diangkut menggunakan pesawat jenis Boeing 777 dan dijadwalkan tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang Banten pada hari Kamis malam, 26 Maret 2020.

Pandemi COVID-19 ini juga bencana global, maka berbagai bentuk dukungan dari negara manapun, khusus untuk pengendalian dan penanganan wabah COVID-19 di Indonesia akan diterima, tentunya setelah melalui prosedur yang ditentukan, termasuk faktor keamanannya, demikian pernyataan yang disampaikan oleh Menko Marves Luhut B. Pandjaitan.

“(Dalam situasi ini) Kita ambil keputusan harus cepat dan tepat karena ini menyangkut hal yang sangat serius. Tentunya ini akan melalui prosedur pemasukan bantuan, BNPB di bawah Komando Pak Doni Munardo sebagai koordinator untuk menyalurkan bantuan ini segera ke masyarakat. Publik, masyarakat dan media harus tahu kemana, mereka memerlukan bantuan, jadikan satu pintu,” ujar Menko Luhut yang dikutip laman Maritim, Kamis (26/3).

Menko Luhut jelaskan bahwa beberapa perusahaan asal Tiongkok yang memiliki investasi di Indonesia berinisiatif memberikan sumbangan alat-alat kesehatan untuk membantu proses penanganan dan pengendalian wabah COVID-19. Para donatur sebagian besar adalah para investor yang telah berinvestasi di Indonesia seperti di Morowali, Weda Bay, Obi, Kendari, Konawe, dan daerah sekitar. Para investor mengirimkan bantuan alkes untuk membantu penanganan pandemi secara nasional dan juga daerah lokal, khususnya tempat mereka berinvestasi.

Sementara itu Juru Bicara (Jubir) Menko Marves dan Kemenko Marves Jodi Mahardi mengatakan bahwa bantuan alkes ini adalah bukti hubungan baik antara kedua negara dan juga wujud kepedulian terhadap wabah COVID-19 yang kita tahu merupakan tantangan semua negara di dunia hari ini.

Selain Indonesia, beberapa negara juga menerima bantuan dari negara Tiongkok seperti Jepang, Spanyol, Italia, hingga Irak. Indonesia termasuk salah satu negara yang mendapatkan bantuan dari Tiongkok, karena seperti diketahui saat ini Indonesia sedang mengalami situasi darurat akibat wabah COVID-19.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.