Pencegahan Penyebaran COVID-19, LIPI Produksi Ribuan Liter Disinfektan

(Beritadaerah – Serpong) Mengantisipasi penyebaran virus COVID-19, para peneliti dari Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan produksi 8.000 liter disinfektan di fasilitas Pilot-Plant Laboratorium Pusat Penelitian Kimia LIPI di Serpong, Banten. Masing-masing 4.000 liter untuk kebutuhan dalam dan luar ruangan. Untuk kebutuhan luar ruang dibuat dengan basis air dan senyawa mengandung disinfektan. Sedangkan untuk dalam ruangan dibuat dengan berbasis etanol dan senyawa disinfektan.

Disinfektan ini telah dikirim untuk kebutuhan penyemprotan Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta di jalan raya, stasiun MRT, dan fasilitas publik di Jakarta. Kepala LIPI Laksana Tri Handoko menyebutkan, tidak hanya memproduksi disinfektan, namun LIPI juga akan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimilikinya untuk mencegah penyebaran covid 19.

“Semua sumber daya LIPI berupa infrastruktur penelitian dan kepakaran peneliti dari berbagai disiplin ilmu siap dikerahkan untuk membantu upaya pencegahan penyebaran COVID-19,” kata Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko yang dikutip laman LIPI, Senin (23/3).

Selain memproduksi disinfektan, LIPI juga melakukan desinfeksi pada fasilitas publik dan semua area satuan kerja LIPI yang berlokasi di Cibinong, Jakarta, Bogor, Serpong, Bandung, dan Subang. Langkah yang dilakukan ini merupakan upaya LIPI untuk mencegah penyebaran virus korona dan mengacu ketentuan WHO dan Laboratory Biosafety Manual edisi ketiga yang menjelaskan, desinfektan merupakan bahan kimia yang memiliki kemampuan untuk inaktivasi mikroorganisme sehingga dapat mencegah infeksi.

Sementara itu terkait dengan empat Kebun Raya yang dikelola LIPI dan mengantisipasi pencegahan penyebaran virus COVID-19, maka telah dilakukan penutupan sementara mulai Kamis, 19 Maret 2020 hingga Selasa, 31 Maret 2020, dan akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan situasi. Empat Kebun Raya yang dikelola LIPI tersebut yakni Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.