(Beritadaerah – Kalsel) Dalam rangka upaya penanganan Virus Corona (Covid-19), Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel0 mengambil langkah cepat menurunkan personil dari Dinas Kesehatan, BPBD, Dinsos untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area publik.

Armada sebanyak 11 mobil dilepas oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor didampingi oleh tim gugus tugas penaganan Covid-19 di Depan Kantor Sekda Kalsel, Banjarbaru, Minggu (22/3/2020).

Gubernur Sahbirin Noor mengatakan sudah melakukan koordinasi melalui teleconference bersama Bupati/ Walikota. Kegiatan ini dalam rangka antisipasi Covid-19 yang saat ini memasuki status tanggap darurat. “Kita semua bergotong royong bahu membahu untuk mengantisipasi wabah Covid-19 yang kita ketahui masuk Indonesia dan telah menyebar ke wilayah kita,” ucapnya.

Diinstruksikan oleh Sahbirin agar semua Kabupaten/ Kota di Kalses bergerak, dan tidak tinggal diam. Semua kabupaten/kota juga sudah diarahkan untuk menyiapkan rumah sakit dengan ruang isolasi yang dapat menampung pasien.

“Diharapkan dapat menampung, kemudian disiapkan rujukan. Kita mendapat informasi bahwa dari 5 hasil pemeriksaan yang kemarin, didapatkan satu yang benar positif. Maka dari itu diperintahkan untuk siaga antisipasi pencegahan status tanggap darurat dengan melakukan hal-hal preventif,” ungkap Sahbirin.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Wahyudin mengatakan gerakan penyemprotan disinfektan ini dilakukan oleh instansi Pemprov Kalsel dan Pemko Banjarbaru secara intens. Diharapkan gerakan luas di seluruh kabupaten kota juga bisa mengikuti, kita utamakan penyemprotan di tempat-tempat umum.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.