(Beritadaerah – Nasional) Upaya untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 terus dilakukan semua pihak. PT Angkasa Pura / AP II (Persero) juga melakukan upaya ini dengan menyediakan lebih banyak titik mencuci tangan di area publik, di bandara-bandara yang dikelolanya.

PT Angkasa Pura II saat ini mengelola 19 bandara di Indonesia, yaitu Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Kertajati (Majalengka), Radin Inten II (Lampung), HAS Hanandjoeddin (Belitung), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Depati Amir (Pangkal Pinang), Sultan Thaha (Jambi), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Internasinal Banyuwangi, Sultan Iskandar Muda (Aceh), Minangkabau (Padang), Supadio (Pontianak), Silangit (Tapanuli Utara), Kualanamu (Deli Serdang) dan Tjilik Riwut (Palangkaraya).

Fasilitas cuci tangan yang baru tersebut melengkapi tempat cuci tangan yang sudah ada di seluruh toilet di bandara, baik yang ada di area publik atau di terminal penumpang pesawat.

Tambahan lokasi cuci tangan yang dilengkapi sabun cuci tangan disediakan di area parkir kendaraan bermotor, area penjemputan, area tunggu pengunjung bandara, area dekat dengan titik pengambilan baggage trolley, dan area-area publik lainnya. Di samping itu, di dalam area terminal penumpang pesawat juga disediakan banyak titik hand sanitizer bagi para traveler atau pengunjung bandara.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, mengatakan, adanya lebih banyak titik mencuci tangan bertujuan agar traveler atau pengunjung bandara semakin mudah mencuci tangan. Tujuannya turut meminimalisir penyebaran COVID-19.

“Kesehatan adalah prioritas utama. Kami sangat berharap anjuran mencuci tangan sesering mungkin bisa kita jalankan demi menjaga kesehatan kita semua baik traveler, pengunjung, masyarakat luas dan personil PT Angkasa Pura II serta instansi lain yang bertugas di bandara. Bersama-sama kita lawan dan cegah penyebaran COVID-19,” ujar Awaluddin, Minggu (22/3/2020).

PT Angkasa Pura II juga memperluas area penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya mencegah penyebaran virus. Sebelumnya penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh area terminal penumpang pesawat, area publik, lalu ke bagasi penumpang, maka sekarang penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan di sisi udara (airside). Penyemprotan dilakukan dengan jet sprayer dan menggunakan cairan disinfektan dengan kandungan bahan aktif hydrogen peroxida.

Konsep social distancing juga sudah diterapkan di Bandara-bandara di bawah PT Angkasa Pura II, khususnya di tempat berkumpulnya penumpang pesawat seperti saat proses check-in, pemeriksaan keamanaan, saat di boarding lounge, hingga ketika memproses boarding ke pesawat.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.