(Beritadaerah – Nasional) Program untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kartu Pra Kerja sudah melewati pembahasan dan persiapan matang. Program Kartu Pra Kerja ini bakal segera diluncurkan.

Stimulus yang digadang-gadang sejak masa kampanye Jokowi saat jelang pilpres ini akan dirilis Jum’at (20/3/2020) ini. Presiden meminta program ini bisa diimplementasikan pekan ini.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (19/3/2020) menjelaskan untuk memuluskan rencana tersebut, sudah diterbitkan Perpres Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Pra Kerja.

Menindaklanjuti hal tersebut, Susiwijono menjelaskan, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto sudah menerbitkan Keputusan Menteri (Kepmen) Koordinator Bidang Perekonomian. Dijelaskan dalam Kepmen tersebut jajaran Project Management Office (PMO) yang berfungsi sebagai organisasi yang menjalankan program tersebut secara penuh, termasuk menentukan Balai Latihan Kerja (BLK) yang menjalankan pelatihan kerjanya.

“Hari Selasa kemarin sudah terbitkan Kepmen Koordinator bidang Perekonomian, selaku Ketua Komite Cipta Kerja yang menetapkan jajaran manajemen pelaksana atau jajaran PMO untuk program Kartu Pra Kerja,” jelasnya.

Program Kartu Pra Kerja sebagaimana tujuan utamanya, diprioritaskan untuk pengangguran muda atau atau pencari kerja muda, ketimbang untuk para korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani