Langit Kota Jakarta Selasa 14/01 (Photo: Triyogo/BD)

Himbauan Wajib Pajak Untuk Berperan Mengatasi Penyebaran Virus Corona

(Beritadaerah – Nasional) pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) menjadi tanggung bersama seluruh elemen bangsa, demikian dinyatakan oleh Ditjen Pajak (DJP). Wajib pajak sangat berperan dalam mengatasi masalah tersebut. Setiap setoran pajak yang dilakukan oleh wajib pajak saat ini sangat berarti untuk menanggulangi penyebaran virus Corona, disampaikan oleh Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Hestu Yoga Saksama. Apalagi, mayoritas pendanaan anggaran negara merupakan setoran dari wajib pajak.

Dia sampaikan bahwa penerimaan pajak saat ini sangat dibutuhkan, terutama untuk penyediaan fasilitas kesehatan dalam menghadapi wabah virus Corona, pada hari Kamis (19/3/2020).

Ajakan pada seluruh elemen wajib pajak menjadi sangat penting dalam memberikan kontribusi dalam penanganan COVID-19. Setiap setoran pajak ini akan digunakan pemerintah untuk melakukan belanja prioritas, yakni untuk belanja kesehatan, belanja sosial, dan stimulus dunia usaha.

Himbauan ini sangat ditekankan mengingat bahwa turunnya angka penerimaan pajak dalam dua bulan pertama tahun ini. Selain itu jumlah pelaporan SPT juga cenderung melambat pada pekan ini, terutama dengan adanya perpanjangan pelaporan SPT WP OP dari tanggal 31 Maret 2020 menjadi 30 April 2020. Mengingat kondisi bangsa saat ini diharapkan seluruh wajib pajak dapat meningkatkan kepeduliannya terhadap masalah bangsa saat ini, melalui pembayaran pajak.

Realisasi penerimaan pajak hingga akhir Februari 2020 mencapai Rp152,9 triliun. Pencapaian setoran pajak tersebut mengalami penurunan sebesar 5% dari periode yang sama pada tahun lalu yaitu mencapai Rp160,9 triliun.

Dengan realisasi pencapaian tersebut kinerja penerimaan DJP hingga dua bulan pertama tahun ini memenuhi 9,3% dari target APBN tahun ini yang sebesar Rp1.642,6 triliun. Selain itu pada saat yang bersamaan, defisit APBN tercatat mencapai Rp62,8 triliun atau 20,4% dari patokan dalam APBN 2020 senilai Rp307,2 triliun.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.