(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Kupang.. apakah anda pernah singgah di kota ini? Atau apa yang diingat dari kota ini selain kotanya panas dan kering? Ternyata di dekat Kota Kupang ada daerah pantai yang cantik dan mudah dijangkau. Sedikit info Kupang itu merupakan kotamadya sekaligus Ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Dan dibalik panas dan keringnya Kota Kupang ternyata memiliki pantai yang menarik untuk di kunjungi. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, namanya Pantai Tablolong, yang diambil dari nama salah satu perkampungan nelayan kecil yang berada di ujung timur, dan pantai ini diapit oleh Pulau Rote dan Timor. Emm.. membayangkan cantiknya pantai ini dan pasir putihnya jadi tidak sabar untuk sampai disana.

Pantai Tablolong (Photo: Tiurlan/ Kontributor BD)

Sampai disana rasanya kaki ini mau segera dimanjakan dengan pasir putihnya. Wahhh.. perjuangan anda selama 1 – 1,5 jam berkendaraan motor akan terbayar sudah ketika kaki ini berjejak di pasir putihnya. Ingin rasanya terus berjalan dipinggir pantai Tablolong ini merasakan hangatnya pasir putih yang bertebaran di bibir pantai bahkan ditemani langit biru yang sangat indah menudungi saat itu.

Pantai Tablolong (Photo: Tiurlan/ Kontributor BD)

Tidak hanya pasir putihnya yang cantik, kalau diperhatikan pasirnya pun cantik bercampur batu kecil halus terlihat sangat cantik dengan bermacam- macam warna-warni yang cantik.

Pantai Tablolong (Photo: Tiurlan/ Kontributor BD)

Jika anda ingin melepas lelah dan ingin beristirahat maka di Pantai Tablolong juga disediakan Lopo – lopo yang unik (sejenis bale-bale/ gazebo) seperti bentuk kerucut yang terbuat dari jerami, selain bisa jadi tempat istirahat anda juga bisa sekalian selfie dan berfoto-foto bersama teman, pasangan dan keluarga anda.

Pantai Tablolong (Photo: Tiurlan/ Kontributor BD)

Tak hanya itu saja, kekayaan biota lautnya juga menjadikan Tablolong sebagai penghasil rumput laut terbesar di NTT. Dapat bertemu nelayan yang sedang memisahkan rumput laut jari jaringnya, dan itu sangat menyenangkan karena anda dapat melihatnya langsung dipinggir pantai diatas batu karang. Jika anda datang ke Kupang, pastikan untuk berkunjung ke pantai Tablolong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.