Menteri PPN Kunjungi Proyek Tol Trans Sumatera di Banda Aceh (Foto: Kemkominfo)

Proyek Jalan Tol Sigli dan Banda Aceh Selesai Akhir 2021

(Beritadaerah – Nasional) Pemerintah Indonesia sesuai komitmennya terus menyelesaikan pekerjaan sarana infrastruktur jalan. Salah satunya adalah ruas jalan tol pertama yang dibangun di Aceh. Targetnya, proyek jalan tol yang akan menghubungkan Sigli dan Banda Aceh ini selesai pada akhir 2021 mendatang.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, pada Jumat (13/03/2020), melakukan kunjungan kerja di lokasi proyek ruas di Kantor Divisi Pengembangan Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh di Kecamatan Blang Bintang, Banda Aceh.

Menurut rencana, sebagaimana pernah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo, bahwa jalan tol sepanjang 74 km ini sudah bisa berfungsi,  sebagian pada Lebaran 2020 mendatang.

Pelaksana proyek Jalan Tol Trans Sumatera ini sesuai penunjukan Pemerintah Pusatadalah PT Hutama Karya (Persero). Penugasan itu dituangkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 Tahun 2014 serta Perpres Nomor 117 Tahun 2015.

Sebagai informasi, Ruas tol Banda Aceh – Sigli sepanjang 74 km dikerjakan dalam enam seksi, yakni Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum 25,2 km, Seksi 2 Seulimeum-Jantho 6,1 km, Seksi 3 Jantho-Indrapuri 16 km, Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang 14,7 km, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro 7,7 km, dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam 5 km.

Pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli yang merupakan salah satu ruas Tol Trans Sumatera ini menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Dengan dibangunnya jalan tol ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan ini, dari sekitar 2-3 jam menjadi hanya 1 jam perjalanan.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.