Batik Madura (Photo: Tiurlan/Kontributor BD)

Keunikan dan Kecantikan Batik Madura

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Bagi para pencinta Batik, senang rasanya membahas perihal yang satu ini, apalagi yang namanya kain Batik, karena hal ini merupakan salah satu khas yang dimiliki di Negara Indonesia. Sangat menjadi kebanggaan sekali, tidak hanya di Indonesia saja, tetapi Batik ini sudah booming di beberapa negara- negara lain bahkan menjadi sorotan juga bagi para petinggi,  pejabat- pejabat pemerintah dan dapat juga digunakan bagi warga biasa di tanah air ini untuk setiap acara- acara penting / resmi/ acara keluarga.

Ada salah satu tempat di daerah Jawa Timur tepatnya di Bangkalan – Madura dimana disana siapapun bisa mendapatkan batik Tradisional dengan model yang cantik, unik dan pastinya eye catching banget, bagi yang suka dengan model/ motif yang terang. Batik Madura lebih berani dalam warna maupun motifnya dibandingkan batik dari daerah lain yang cenderung kalem.

Batik Madura (Photo: Tiurlan/Kontributor BD)

Karena bentuk dan motif yang khas, batik tulis Madura memiliki keunikan sendiri dimata para konsumen. Berbagai gaya yang unik dan bebas juga bagian dari sifat pribadi produksinya yang dilakukan di tiap unitnya, mereka masih mempertahankan produksi tradisional, yang ditulis dan diolah dengan cara tradisional. Tidak heran bila kemudian batik Madura menjadi primadona dan semakin populer saat ini.

Batik Madura (Photo: Tiurlan/Kontributor BD)

Untuk kain batik Madura ini ada yang warnanya agak sedikit pucat, itu karena menggunakan pewarnaan alam yang dihasilkan dari bahan-bahan seperti daun jati dan daun jambu. Dalam proses pewarnaan  alami memakan waktu enam bulan sampai satu tahun. Bahan-bahan pewarna tersebut diendapkan di dalam gentong atau sebutannya gentongan. Tak heran jika batik tulis yang berasal dari warna alami justru warnanya dapat bertahan sampai ratusan tahun. Tidak hanya itu saja kabar baiknya, harga kain panjang batik tulisnya ini memiliki berbagai harga,  dari harga mulai dari Rp.50.000,- sampai jutaan juga ada. Bagi para pecinta batik dapat langsung survei kesana, pasti lebih puas memilih kain-kain batik cantiknya.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.