Kemenparekraf Dorong Wisata Minat Khusus Guna Peningkatan Devisa

(Beritadaerah – Jakarta) Sektretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Edy Wardoyo membuka pameran INDOFEST 2020 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (12/3). Dalam pembukaan pameran tersebut, Edy Wardoyo menyampaikan fokus pariwisata Indonesia dalam lima tahun ke depan adalah meningkatkan kualitas kunjungan wisatawan. Yakni meningkatkan pengeluaran rata-rata wisatawan/ASPA (Average Spending per Arrival) maupun length of stay (LoS) sehingga berdampak positif terhadap peningkatan devisa.

Hadir dalam acara pembukaan pameran INDOFEST 2020 tersebut antara lain mantan Menpora Hayono Isman sebagai Ketua Umum Federasi Olahraga Rekreasi Indonesia (FORMI), Kadisparekraf DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia, dan Bupati Belitung H Sahani Saleh. Penyelenggaraan INDOFEST 2020 belangsung selama 4 hari dari tanggal 12-15 Maret 2020 dengan menampilkan produk wisata minat khusus. Pameran outdoor ini telah dimulai sejak tahun 2015.

“Untuk mencapai target tersebut berbagai upaya dilakukan di antaranya dengan meningkatkan kualitas produk termasuk wisata minat khusus yang beragam jenisnya sehingga diharapkan bisa meningkatkan ASPA dan LoS di kalangan wisatawan selama berkunjung ke Indonesia,” kata Edy Wardoyo dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (12/3).

Edy Wardoyo sampaikan juga beragam produk wisata minat khusus seperti surfing, diving, tracking, hiking, rafting, atau fishing sudah terbukti mampu mendatangkan kunjungan wisatawan ke Indonesia. Biasanya mereka juga memiliki waktu tinggal serta pengeluaran yang lebih tinggi dibanding wisatawan leisure pada umumnya.

Wisata minat khusus juga mendorong industri dan terciptanya pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Data Adventure Travel Trade Association juga menunjukkan wisata minat khusus memberikan dampak langsung pada masyarakat atau destinasi karena penikmat wisata petualangan sekitar 67 persen pengeluarannya langsung bisa dirasakan masyarakat di daerah yang dikunjungi.

Pemerintah sendiri tahun ini menargetkan devisa pariwisata sebesar US$ 21 miliar dan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 17,3 juta orang. Edy Wardoyo harapkan melalui pameran INDOFEST 2020, produk wisata minat khusus semakin terpromosikan sehingga menarik bagi wisatawan untuk melakukan wisata peluangan atau outdoor di berbagai destinasi menarik di Tanah Air.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.