Taman Waduk Ria Rio di Pulomas Jakarta Timur (Foto: Tiurlan Silaban/ BD)

Menikmati Ria Rio, Taman Waduk dengan Ikon Pohon Baobab

(Beritadaerah – Jakarta) Wahh.. ternyata bagi warga Jakarta, khususnya Jakarta Timur, ada taman yang memiliki pepohonan langka layaknya di Kebun Raya Bogor. Dimanakah itu? Ternyata ada sebuah Waduk yang bagus di tengah ramainya kota di Jakarta Timur, namanya cukup unik yaitu Waduk Ria Rio.

Suasana sejuk di taman Waduk Ria Rio yang dipenuhi pepohonan (Foto: Tiurlan Silaban/ BD)

Nama unik ini berasal dari nama Pemilik PT. Pulomas Jaya – Rio Tambunan, dipadu dengan nama Ria dari kata Riak yang menggambarkan air waduk yang beriak. Jadilah nama yang mirip sebuah pengulangan – Waduk Ria Rio, unik namanya dan enak menyebutkannya.Yang membuat makin menarik selain pemandangannya bagus, taman ditata rapi dengan rumput rapih hijau segar. Pohon- pohon kecil di sekeliling jalan di waduk tumbuh dengan baik dan jika angin berhembus maka pohon- pohon disekitar waduk melambai – lambai, dengan hembusan anginnya membuat nyaman untuk istirahat.

Pohon Baobab di Taman Waduk Ria Rio Pulomas, Jakarta (Foto: Meldawati Sirait/ BD)

Dan tidak kalah menariknya masih ada lagi  pohon besar dan letaknya di tengah area taman, yang konon merupakan ikon taman waduk ini. Pohon apa itu? Pohon Baobab si Pohon Kehidupan yang batangnya sangat besar dan pohonnya menjulang tinggi. Pohon raksasa eksotis yang berasal dari Afrika,  dipindahkan dan ditanam di area waduk ini pada masa bapak Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Gubernur DKI.

Batang pohon Baobab raksasa di Taman Waduk Ria Rio Pulomas, Jakarta (Foto Meldawati Sirait BD)

Istimewanya pohon ini selain besar dan langka, juga harganya mengagetkan. Menurut berita harga pohon Baobab ini Rp.750 juta. Wouw…? Anda penasaran ingin menyaksikannya sendiri? Mari mampir ke Waduk Ria Rio di daerah Pulomas ini. Tidak ada biaya retribusi khusus untuk masuk ke area taman ini, hanya perlu membayar biaya parkir sekitar Rp2000 – Rp5000 rupiah saja.

Tiurlan Silaban/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.