PON XX di Papua, Pembangunan 4 Venue Olahraga akan Selesai Tepat Waktu

(Beritadaerah – Papua) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya terus mempercepat penyelesaian pembangunan empat arena olahraga dalam rangka mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang berlangsung dari tanggal 20 Oktober -2 November 2020 di Provinsi Papua. Empat arena olahraga tersebut yakni arena (venue) Aquatic dan ISTORA Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena Cricket dan Lapangan Hockey (Indoor dan Outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa penyelesaian pembangunan venue olahraga ditargetkan tepat waktu dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan yang melibatkan pengawasan dari Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2).

“Pembangunan prasarana dan sarana olahraga untuk PON XX harus sangat cermat, mulai dari tahap desain, pembangunan dan pengawasannya,” kata Menteri Basuki yang dikutip laman PU, Senin (9/3).

Sementara itu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam kunjungannya ke Jayapura, Papua, guna meninjau proses pembangunan arena olahraga dan fasilitas pendukungnya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian PUPR dengan dibangunnya venue-venue PON.

Bambang juga mengatakan dengan dibangunnya venue-venue PON ini diharapkan bisa mendorong para anak muda, atlet-atlet Papua lebih semangat dan berprestasi menjadi juara baik dikancah nasional maupun internasional.

Saat meninjau arena olahraga, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo turut didampingi oleh Wakil Ketua DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan Rachmat Gobel, Pimpinan MPR dari unsur DPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua DPR RI Sultan Bachtiar Najimudin, Anggota DPD perwakilan Papua Yoryys Raweyai, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Osman H. Marbun, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Cornelis Sagrim dan Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP) Iwan Suprijanto.

Selain empat venue tersebut, Kementerian PUPR juga melakukan penataan kawasan seperti Kampung Harapan seluas 32 hektar. Di lokasi ini akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung PON XX diantaranya stadion utama, lapangan latihan atau pemanasan, aquatic center, istora (GOR Serbaguna), Rreserved – area komersil (hotel, mall, bioskop), lapangan tembak, parker mobil dan motor, Reserved – Area komersil (hotel, Mall, Bioskop), Sungai yang telah dinormalisasi, Gerbang Utama Stadion, dan utilitas kawasan. Adapun anggaran untuk penataan kawasan tersebut sebesar Rp 134 miliar oleh kontraktor PT.PP (Persero) Tbk dan konsultan PT. Virama Karya (Persero) sebesar Rp 3,8 miliar.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

 

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).