Pemerintah Percepat Pembangunan Jalan Pelabuhan di Pasaman Barat

(Beritadaerah – Pasaman Barat) Pembangunan infrastruktur berupa jalan, pelabuhan serta sarana lain terus dilakukan pemerintah guna memudahkan aksesbilitas perekonomian di masyarakat. Salah satu wilayah yang menjadi perhatian dari Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) adalah pembangunan infrastruktur jalan menuju pelabuhan Teluk Tapang di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Saat ini sarana jalan menuju pelabuhan dari Bunga Tanjung menuju ke Pelabuhan Teluk Tapang telah dilakukan aspal hotmix sepanjang 7 km pada tahun 2019, sebelumnya jalan ini masih berbatuan.  Untuk itu Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi melalui Asisten Deputi Infrastruktur Pelayaran, Perikanan, dan Pariwisata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur melakukan monitoring dan evaluasi terkait pembangunan jalan ke Pelabuhan Teluk Tapang – Bunga Tanjung di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada tanggal 27-28 Maret 2020.

Seperti dikutip laman Maritim, Selasa (3/3), jalan ini merupakan iniasiasi Kemenko Marves sejak Desember 2018 untuk pembangunan infrastruktur aksesibilitas dan konektivitasnya yakni berupa pembukaan jalan ke Pelabuhan Teluk Tapang – Bunga Tanjung serta percepatan pembangunan dan operasionalisasi Pelabuhan Pengumoan Regional Teluk Tapang.

Sebelumnya Asisten Deputi Bidang Infrastruktur dan Pelayaran Kemenko Marves Djoko Hartoyo meninjau akses jalan dan pelabuhan Teluk Tapang, Kamis (27/2). Dalam kunjungan tersebut Djoko Hartoyo menyampaikan bahwa pelabuhan Teluk Tapang sudah selesai pada tahun 2013, namun karena akses jalan yang belum selesai, keberadaan pelabuhan belum bisa dimanfaatkan.

Disampaikan Djoko, pihaknya akan melakukan percepatan pembanguan akses jalan yang sudah dianggarkan tersebut. Pembangunan akses jalan menuju pelabuhan telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Berdasarkan hal tersebut akan ada percepatan pembangunan jalan dan pelabuhan yang diharapkan rampung pada Tahun 2024 mendatang.

Kabupaten Pasaman Barat merupakan salah satu dari 3 Kabupaten Pemekaran di Provinsi Sumatra Barat, berdasarkan Undang-undang Nomor 38 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Dharmasraya, Solok Selatan dan Pasaman Barat. Kabupaten Pasaman Barat memiliki 11 kecamatan dengan luas wilayah 3.864,02 km².

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.