Labuan Bajo (Foto: Rudy Ang /Beritadaerah)

PUPR Bangun Infrastruktur Pendukung Labuan Bajo

(Beritadaerah – Nasional) Labuan Bajo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas yang ditetapkan pemerintah Indonesia. Tentu saja untuk menjadi destinasi wisata prioritas diperlukan dukungan infrastruktur seputar area wisata dan akses menuju lokasi dimulai dari pelabuhan udara maupun laut dan jalan darat.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai membangun berbagai infrastruktur pendukung di wilayah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas Labuan Bajo ini awal tahun 2020. Dana yang dialokasikan pada 2020 adalah sebesar Rp1,31 triliun. Ini mencakup bidang sumber daya air sebesar Rp67,7 miliar antara lain untuk pembangunan sarana prasarana pengaman pantai Lohbuaya Pulau Rinca. Untuk bidang jalan dan jembatan sebesar Rp420,1 miliar, diantaranya untuk peningkatan jalan Kawasan Pariwisata Waecicu dan pembangunan jalan akses pelabuhan. Bidang permukiman sebesar Rp646,3 miliar untuk penataan Kawasan Pantai Marina – Bukit Pramuka dan penataan Kawasan Puncak Waringin. Bidang perumahan sebesar Rp174,5 miliar untuk pembangunan baru rumah swadaya pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 315 unit.

Untuk dukungan konektivitas pada KSPN Labuan Bajo, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang Ditjen Bina Marga telah memulai dengan penandatanganan lima paket pekerjaan yang meliputi empat paket Peningkatan Jalan dan Penataan Trotoar serta Drainase di KSPN Premium Labuan Bajo di Jalan Soekarno-Hatta Atas sepanjang 9,97 kilometer dengan anggaran Rp55,8 miliar, kemudian Jalan Soekarno-Hatta Bawah sepanjang 10,05 kilometer dengan anggaran Rp41,6 miliar, Jalan Simpang Pede sepanjang 20,03 kilometer dengan anggaran sebesar Rp84 milyar, Jalan Yohanes Sahadun sepanjang 20,23 kilometer dengan anggaran Rp46.7 miliar, serta satu paket Peningkatan Jalan Kawasan Pariwisata Waecicu sepanjang 4 kilometer, dengan anggaran Rp21.7 milyar.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kementerian PUPR Kupang Muktar Napitupulu, berharap semua pihak yang terkait dalam pembangunan infrastruktur di Labuan Bajo serius mengerjakannya hingga tuntas.

Untuk diketahui, dukungan infrastruktur yang dibangun Kementerian PUPR untuk lima KSPN pada 2020 adalah sebesar Rp6,39 triliun, yakni untuk KSPN Danau Toba sebesar Rp2,31 triliun, KSPN Borobudur sebesar Rp1,35 triliun, KSPN Mandalika sebesar Rp.903,4 miliar, KSPN Labuan Bajo sebesar Rp1,31 triliun. dan KSPN Manado Bitung Likupang sebesar Rp520,1 miliar.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.