(Beritadaerah – Nasional) Menjelang memasuki bulan puasa yang akan dimuali April 2020 mendatang,  Perum Bulog bersiap mengamankan pasokan beras di seluruh wilayah Indonesia. Kecukupan stok beras untuk bulan puasa dan Lebaran 2020 ini dibuktikan langsung dengan sidak oleh Bulog. Salah satunya dilakukan oleh Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) di Gudang Bulog Kanwil DKI dan Banten di Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (27/02/2020).

Pada saat sidak, Buwas mengatakan bahwa stok beras nasional yang ada di gudang Bulog di seluruh Indonesia saat ini mencapai 1,7 juta ton. Dengan stok sebesar ini dan tersebar di seluruh Indonesia, masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir akan kekurangan stok beras.

Sementara untuk menjaga stabilisasi harga beras medium, demikian lanjut Buwas, Bulog di seluruh wilayah di Indonesia terus aktif melaksanakan Program KPSH (Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga) Beras Medium.

Besaran realisasi pelaksanaan KPSH sejak Januari 2020 sampai dengan tanggal 26 Februari 2020, adalah  sebesar 300 ribu ton. “Kegiatan KPSH kami laksanakan setiap hari secara masif melalui pengecer di pasar tradisional, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta distributor sehingga mampu menahan laju kenaikan harga beras hampir selama tahun 2019,” ujar Buwas.

Selain menjaga stabilitas stok beras, Bulog juga turut serta dalam menyuplai beras untuk Program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). Penyaluran beras BPNT dilakukan melalui program e warong dan agen Himbara (Agen Brilink dan Agen 46) serta melalui RPK (Rumah Pangan Kita). Sampai dengan tanggal 26 Februari 2020 Bulog telah menyalurkan beras BPNT sebanyak 43 ribu ton.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.