(Beritadaerah – Nasional) Kamis (27 Februari 2020), Apkasi menggelar kegiatan sosialisasi Apkasi Otonomi Expo 2020 (AOE2020) di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta. Kegiatan sosialisasi ini diikuti ratusan perwakilan pemerintahan kabupaten dari berbagai daerah di tanah air.

Tujuan sosialisasi antara lain mengajak lebih banyak daerah naik kelas di level nasional, bahkan global, di bidang trade, tourism and investment.

Dalam sambutannya, Sekjen Apkasi, Najmul Akhyar mengajak pemerintah kabupaten untuk memanfaatkan kegiatan AOE2020 ini dengan sebaik-baiknya. “Secara organisasi Apkasi ini membawa semangat untuk maju bersama dan tujuan diadakannya kegiatan expo ini salah satunya agar produk komoditi, potensi investasi dan pariwisata unggulan yang ada di daerah bisa dipublikasikan di panggung berskala nasional bahkan internasional,” ujarnya.

“Saya bisa merasakan manfaat langsung dari pameran ini, misalnya dari pameran tahun lalu kini kami menjalin kerjasama dengan Kadin-nya Malaysia yang tertarik dengan komoditas kelapa yang menjadi unggulan Lombok Utara,” tambahnya.

Apkasi Otonomi Expo 2020 akan digelar di Hall A & B, Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, pada Rabu-Jumat, 24-26 Juni 2020. “Saat ini sudah lebih 60% yang memesan stand dari sekitar 400-an space yang kami siapkan. Untuk itulah, melalui sosialisasi ini kami mengajak agar daerah bisa memanfaatkan event ini untuk lebih menggenjot promosi di daerah masing-masing,” kata Syaifuddin.

AOE2020, lanjut Syaifuddin akan menghadirkan lebih banyak lagi buyer dan investor di forum business matching yang merupakan side event unggulan selama 3 hari pameran berlangsung. “Di forum ini para buyer dan investor ini akan langsung bertemu dengan para kepala daerah untuk saling menjajaki kerjasama baik di bidang perdagangan komoditi, pengembangan potensi pariwisata hingga peluang investasi unggulan di daerah. Bahkan jika terjadi kesepakatan, kedua pihak bisa langsung melakukan transaksi bisnis,” katanya lagi.

Selain ajang pertemuan investor, akan ada Apkasi Film Festival dan Pemilihan Putri Otonomi Daerah. Ia menambahkan, “Dari tahun sebelumnya kedua kegiatan ini mendapat antusiasme tinggi dari daerah. Khusus Apkasi Film Festival ini diadakan untuk memberikan ruang kreativitas bagi para siswa SMK jurusan sinematografi dan para milineal di daerah yang mana mereka ini menyimpan potensi besar untuk diarahkan bisa mengangkat sisi menarik dari berbagai potensi di daerah untuk kemudian diangkat dalam media film.”

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.