Bunga Kamboja (Photo: Endah Caratri/ BD)

Bunga Kamboja Mekar Tanpa Mengenal Musim

(Beritadaerah – Denyut Sabang Merauke) Bunga Kamboja sering kali dijumpai di sepanjang jalan yang kita lalui.  Meskipun dkenal dengan nama bunga Kamboja, tetapi bukan berarti berasal dari negara Kamboja. Pertama kali bunga ini ditemukan di daerah  Amerika Tengah oleh Charles Plumier, daerah yang beriklim tropis. Tumbuhan ini diberi nama ilmiah Plumeria Alba untuk menghormati penemunya Charles Plumier.

Bunga Kamboja (Photo: Endah Caratri/ BD)

Sangat mudah menanam bunga Kamboja ini, terlebih lagi Indonesia adalah daerah tropis sehingga bunga ini dapat bertumbuh dengan baik. Bunga Kamboja dapat berkembang biak dengan biji dan stek batang. Hanya dengan menancapkan batangnya, dalam beberapa bulan batang itu akan berakar dan tumbuh menjadi pohon baru. Kecantikan  bunga Kamboja dengan berbagai warna ini selalu mempercantik taman sekitarnya. Bunga kamboja kebanyakan berwarna putih dengan bagian tengah berwarna kuning. Tetapi bunga Kamboja juga memiliki berbagai warna yang cantik, seperti warna merah muda, kuning, merah tua dan juga ada yang keunguan.

Bunga Kamboja (Photo: Endah Caratri/ BD)

Kelebihan dari bunga Kamboja selain kecantikan dan aromanya yang wangi, bunga ini tetap muncul sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Itu sebabnya tidak sedikit kita menjumpai pohon kamboja ini dijadikan pohon hiasan atau peneduh jalan.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.