(Beritadaerah – Nasional) Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Jumat (21/2) sangat padat, selain meninjau sekolah juga melakukan peninjauan pembangunan jalan tol. Siang hari Presiden dan rombongan meninjau Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas, tepatnya di Gerbang Tol Pekanbaru, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

”Panjang jalan tol dari Pekanbaru sampai Dumai sejauh 131 kilometer (km). Kita harapkan nanti insyaallah akhir April selesai, bisa dipakai,” ujar Presiden. Jika jalan tol sudah beroperasi penuh akan memotong waktu dari sebelum ada tol butuh 4-5 jam, dengan adanya jalan paling lama 1,5 jam.

Presiden sampaikan bahwa dengan kesiapan-kesiapan infrastruktur seperti jalan tol ini, diharapkan semuanya menjadi lebih cepat, seperti pengiriman logistik, mobilitas orang dan barang.

Presiden Jokowi saat meninjau Proyek Jalan Tol Sigli-Banda Aceh, Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang, Jumat (21 Feb) petang. (Foto: Humas Setkab)

Selanjutnya Presiden Jokowi dan rombongan menuju Proyek Jalan Tol Sigli-Banda Aceh, di Interchange Jalan Tol Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang.

“Alhamdulillah tol dari Banda Aceh menuju ke Sigli ini 74 kilometer. Pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik. Ini, alhamdulillah,” tutur Presiden Jokowi.

Dirut Hutama Karya, Bintang Perbowo, menyampaikan pembebasan rampung, biasanya konstruksi mengalami kendala di pembebasan lahan, namun di Aceh lebih cepat prosesnya.

“Jadi, apa, dari 74 kilo meter, investasi kira-kira 12 triliun. Kita harapkan, ya secepatnya selesai. Karena lahannya udah rampung,” katanya.

Proses pembebasan lahan dapat berjalan lancar, menurut Presiden,karena keterlibatan semua pihak baik Gubernur, Bupati turun ke lapangan menjelaskan kepada masyarakat.

Turut hadir mendampingi Presiden Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, KSP Moeldoko, dan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.