(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Salah satu danau yang terindah dan menawan pemandangannya adalah Danau Tondano yang tepatnya terletak di Desa Remboken, Kabupaten Tomohon. Memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Kota manado menuju Tomohon. Danau ini merupakan danau yang terluas di Propinsi Sulawesi Utara dan memiliki udara yang sangat sejuk sehingga membuat pengunjung akan merasa betah berlama-lama disana.

Pemandangan di Danau Tondano juga sangat memukau dikelilingi pegunungan dan bukit-bukit yang begitu mempesona. Dari Danau Tondano pengunjung dapat melihat Gunung Kaweng dengan megahnya. Selain Gunung kaweng, terlihat juga pemandangan pegunungan Lambean, Gunung Masarang dan Bukit Tampusu yang memiliki pesona sangat cantik. Sambil berkunjung ke Danau Tondano dan melihat keindahan pemandangan alam yang sangat mempesona, pengunjung juga dapat memancing atau menelusuri danau dengan kapal.

Pengunjung bisa menyewa perahu dari warga setempat untuk menelusuri Danau Tondano. Harga sewa biasanya Rp 50.000 dengan kapasitas perahu sekitar 10 orang. Tidak kalah menawan Pulau Samosir di tengah-tengah Danau Toba, Di Danau Tondano juga terdapat pulau kecil yang bernama Pulau Likri. Jangan lupa untuk singgah di Pulau Likri ketika Anda menelusuri Danau Tondano.

Danau Tondano (Photo: Jerry/Kontributor PD)

Terletak di pinggir Danau Tondano terdapat bangunan yang terbuat dari bambu dan kayu yang menjorok ke arah Danau. Anda dapat bersantai dan menyantap makanan sambil menikmati udara sejuk serta keindahan di sekililing Danau Tondano dari bangunan cantik ini. Susana kehidupan masyarakat sekitar yang sehari-hari menangkap ikan di danau juga dapat disaksikan di sekitar Danau Tondano, semakin membuat kita menikmati ada disana.

Danau Tondano (Photo: Jerry/Kontributor PD)

Tidak perlu kuatir juga untuk mencari makanan ketika berkunjung kesana. Di pinggir Danau Tondano terdapat rumah makan yang menyediakan makanan khas Manado seperti woku dan ikan bakar berbumbu rempah. Rasanya pun sangat menggoda lidah untuk dicoba, setelah kita berkeliling danau sambil menikmati pemandangan yang indah. Penginapan dan resort dengan harga yang cukup terjangkau juga merupakan fasilitas yang ditawarkan tidak jauh dari Danau Tondano. Jika Anda datang ke Menado, pastikan untuk berkunjung ke Danau Tondano.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.