(Beritadaerah – Nasional) Pariwisata Indonesia tidak dapat dipungkiri mengalami penurunan terkait dampak wabah virus korona. Pemerintah tentu tidak tinggal diam menghadapi hal ini. Untuk itu, dalam rangka mengantisipasi dampak virus korona dalam pariwisata dalam negeri, pemerintah berencana membuat kebijakan yang mendukung pariwisata. Kebikanan diambil dengan memberikan sejumlah insentif atau potongan harga (diskon) bagi wisatawan mancanegara (Wisman) dan wisatawan nusantara (Wisnus) yang berkunjung ke daerah tujuan wisata di Indonesia.

Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/2/2020), menyampaikan:”Kita putuskan mengenai stimulus pada dunia pariwisata kita karena masalah virus korona”.

Pemberian insentif atau potongan harga (diskon) kepada para wisatawan ini, menurut Presiden Jokowi, akan membuat sektor pariwisata dalam negeri kembali bergairah. Saat ini instansi pemerintah yang berkaitan dengan sektor pariwisata tengah melakukan serangkaian kajian mendalam untuk mematangkan kebijakan tersebut.

Pembahasan kajian yang mendalam dilakukan untuk membahas hal-hal terkait dengan besaran tarif insentif yang akan diberikan kepada para wisatawan tersebut. Selain tarif insentif, juga  destinasi pariwisata mana saja yang akan mendapatkan insentif tersebut bagi wisatawan yang berkunjung.

“Diskon atau insentif bagi wisman yaitu 30 persen dari tarif riil. Tapi nanti kita putuskan, ini belum diputuskan. Mungkin kita beri waktu selama 3 bulan ke depan, untuk destinasi-destinasi yang nanti juga akan kita putuskan,” jelas Presiden Jokowi.

Bagi para pelaku biro perjalanan juga ada kabar baik, Presiden berencana akan memberikan sejumlah insentif kepada biro perjalanan wisata dengan besaran tertentu. Tujuannya, ikut membantu pemerintah dalam meningkatkan pariwisata dalam negeri pasca terimbas dampak negative virus korona.

“Mungkin bisa saja untuk travel bironya diberi diskon yang lebih misalnya 50 persen, sehingga betul-betul menggairahkan dunia wisata kita karena memang sekarang baru ada masalah karena virus korona,” pungkas Presiden Jokowi.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.