(Beritadaerah -Nasional) Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk mengantisipasi dan menahan kemungkinan terdampah wabah virus Corona yang memang menjadi kesiagaan semua negara.

Menteri Kesehatan (Menkes) Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memiliki kit yang ada di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) untuk pemeriksaan Virus Corona dan sudah teruji.

Masyarakat bisa melihat laboratorium tersebut karena Kemenkes sangat terbuka akan hali ini, demikian Menkes menegaskan. Bahkan dr. Terawan menambahkan jika ada yang meragukan dipersilakan untuk melihat sendiri, alat tersebut berasal dari Amerika.

Mengenai negara Indonesia yang sangat besar jumlah penduduknya tapi sampai saat ini belum ditemukan kasus virus Corona, menurut Menkes, itu berkat Tuhan Yang Mahakuasa dan doa dari seluruh  rakyat Indonesia. Harus disyukuri dan tetap berjaga-jaga.

“Kita ndak mengharapkan untuk ada dan kita terus berdoa mudah-mudahan jangan ada mampir ke Indonesia dan kita melakukan pemeriksaan yaitu dengan ketat dan sesuai standar,” ujarnya seraya menambahkan bahwa wartawan boleh melihat langsung.

Mengenai  berita adanya 21 WNI yang tiba di Indonesia dari Wuhan kemarin, Menkes mengatakan bahwa hal itu tidaklah benar. Menkes menyampaikan bahwa tidak sembarangan orang bisa keluar dari sana maupun dari sini masuk ke sana. “Jadi jangan mudah mendengar berita-berita yang belum tentu dasarnya. Karena memang ditutup, kalau ditutup gimana buka gemboknya, ya kalau dia pun harus dibuka harus melalui Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Luar Negeri selalu berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan,” tambahnya.

Bagi awak media yang ingin menyaksikan langsung kondisi laboratorium, Menurut Menkes, laboratorium biosafety level 3 (BSL 3) boleh didatangi. “Laboratorium BSL3 kita boleh dilihat tetapi ya mengikuti tata caranya harus pakaian APD-nya dipakai meskipun kameramu juga harus terlindungi,” pungkas Menkes seraya menambahkan BSL 3 punya tingkat safety yang tinggi. Jadi tata cara kunjungan sesuai SOP harus dijalankan.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.