Mari Elka Pangestu saat diterima Presiden Jokowi, di Istana Kepresidenan Bogor,Selasa (11 Feb). (Foto: Humas Setkab)

Mari Pangestu, Direstui Jokowi Sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia

(Beritadaerah – Nasional) Mari Elka Pangestu, dikenal sebagai ekonom terkenal di Indonesia, juga mantan  Menteri Perdagangan Indonesia dari 2004 hingga 2011, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014.

Hari ini (11/2) di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Mari Pangestu diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada pertemuan tersebut disampaikan bahwa Presiden menominasikan Mari Elka Pangestu untuk menduduki posisi direktur pelaksana Bank Dunia (World Bank). Hadir mendampingi Presiden Jokowi pada pertemuan ini, adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Presiden berharap bahwa saya bisa secara reguler meng-update situasi dunia yang saat ini tentunya banyak isu dan banyak tantangan sehingga beliau bisa selalu ter-update mengenai situasi di luar,” kata Mari Pangestu usai diterima Presiden Jokowi. Kepada Presiden Jokowi, Mari Pangestu menyampaikan terima kasih telah dinominasikan untuk posisi direktur pelaksana Bank Dunia. Pada pertemuan tersebut dibahas apa yang akan menjadi tugasnya di Bank Dunia.

Mengenai ekonomi global, Mari Elka menyampaikan bahwa sekarang ini banyak ketidakpastian. Sehingga ada tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh negara-negara berkembang dalam mengantisipasi ketidakpastian global, baik dari segi ekonomi maupun dari sisi isu-isu pembangunan berkelanjutan. Bagaimana kita mengantisipasi bahwa untuk tahun ini terutama prediksinya, pertumbuhan dunia akan lebih rendah daripada yang diperkirakan sebelumnya, apalagi dengan adanya Corona Virus, dan seterusnya.

Mari menyampaikan pembahasan Bersama Presiden Jokowi tentang pentingnya melanjutkan proses ataupun program integrasi ekonomi yang terjadi di ASEAN maupun RCEP, RCEP yang melibatkan ASEAN dengan 6 negara yang lain. Walaupun ada ketidakpastian perdagangan di dunia, lanjut Mari, Indonesia sebagai wilayah tetap terus melanjutkan proses keterbukaan maupun integrasi ekonomi yang terjadi di kawasan.

Dalam keadaan ketidakpastian, lanjut Mari, melakukan reformasi di struktural seperti yang menjadi program prioritas Presiden saat ini, itulah sebetulnya langkah yang paling tepat untuk dilakukan saat ini. “Kalau kita lihat isu pembangunan dan bagaimana negara-negara sedang berkembang maupun negara yang maju pun bagaimana menyikapi ketidakpastian,” pungkas Mari.

Sebagai informasi, Mari Elka Pangestu akan menduduki kursi Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia mulai 1 Maret 2020.

Emy T/Journalist/ BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

One comment

  1. Game dengan kemenangan tiada batas,
    Game dengan penghasilan terbesar,
    Game dengan sensasi yang luar biasa,
    Kekayaan menanti anda…..
    Daftarkan diri anda dan bergabunglah,
    Hanya di dupa88,net
    Click Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.