Pembalap Mancanegara Mengikuti Event Tour de Bintan 2019 (Foto : Kemenparekraf)

Tour de Bintan 2020 Tampilkan Beragam Daya Tarik Pariwisata Kepri

(Beritadaerah – Bintan) Event balap sepeda Tour de Bintan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada tahun 2020 memasuki event ke-10 dan akan berlangsung dari tanggal 27-29 Maret 2020. Melalui event ini wisatawan dapat mengikuti ajang balap sepeda dan bisa mengeksplorasi beragam daya tarik wisata di kawasan Kepri.

Event Tour de Bintan 2020 adalah ajang balap sepeda internasional dan merupakan rangkaian balapan sepeda dari Gran Fondo World Series Union Cycliste Internationale (UCI). Tour de Bintan adalah salah satu dari 3 balapan internasional di Asia dan 27 balapan di seluruh dunia. Tetap digelarnya Tour de Bintan 2020 jadi bukti Bintan sebagai destinasi yang aman dan nyaman. Apalagi, stakeholder pariwisata di Bintan sudah menyatakan destinasi tersebut bebas Virus Corona. Event ini nantinya menegaskan kepada wisatawan bahwa hingga saat ini wilayah Kepri aman dari wabah virus berbahaya tersebut. 

“Publik tidak perlu khawatir datang ke Bintan. Destinasi ini bebas Virus Corona. Tetap dinyatakan aman dan steril dari sebaran virus tersebut. Secara keseluruhan, wilayah di Kepulauan Riau juga bebas Virus Corona. Stakeholder di sini sangat cekatan menghadang virus ini masuk, meski posisinya dekat dengan Singapura,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Buralimar dalam siaran pers yang diterima Beritadaerah.co.id, Minggu (9/2).

Buralimas tegaskan bahwa Bintan dan Kepri memberikan pengawasan ketat untuk menangkal Virus Corona masuk. Semuanya itu sesuai prosedur dan standard yang berlaku. Seluruh pintu masuk wisman diawasi secara ketat. Hasilnya tetap negatif. Kami optimistis Tour de Bintan 2020 tetap meriah. Jumlah pesertanya akan banyak meski di luar negeri saat ini sedang ramai oleh virus nCov.

Tour de Bintan sebelumnya ramai peminat. Pada tahun 2019, jumlah peserta 9 persen lebih banyak dari edisi event 2018. Dari total jumlah peserta, 13 persen diantaranya pembalap wanita. Menariknya, slot peserta asing mencapai 1.116 nama dari 48 negara. Angka tersebut tumbuh 4 persen dari penyelenggaraan 2018.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Wan Rudi Iskandar mengatakan Tour de Bintan tetap menjadi fenomena karena peminatnya besar. Kami optimistis angka itu akan tetap tumbuh tahun ini meski dunia sedang dihadapkan pada sebaran Virus Corona. Sebab, destinasi Bintan dan sekitarnya tetap aman. Event tahun ini juga digelar meriah. Kemasannya dibuat lebih fresh dan peserta dijamin lebih enjoy.

Selain berkompetisi, peserta Tour de Bintan 2020 akan disuguhkan dengan beragam hiburan. Ada live music dan DJ hingga jamuan makan. Lebih spesial lagi, peserta dan wisatawan umum bisa mengeksplorasi sisi lain destinasi Bintan. Destinasi ini punya alam indah. Sebut saja, Lagoi Bay, Telaga Biru, Bukit Pasir Busung, Bukit Panglong, Pulau Beralas Pasir, Treasure Bay, Pantai Trikora, dan Senggiling.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).