Walikota Rizal : Balikpapan Fest 2020 Dorong Ekonomi Kreatif Berkembang Luas

(Beritadaerah – Kalimantan) Kota Balikpapan kembali menggelar perhelatan ‘Balikpapan Fest 2020’ yang berlangsung pada tanggal 5 hingga 16 Februari 2020. Event ini tidak hanya sebagai pesta budaya tapi juga menjadi ruang untuk berkembangnya ekonomi kreatif di Balikpapan.

Dalam acara pembukaan ‘Balikpapan Fest 2020’, di Tenis Stadium, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (6/2), Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, ‘Balikpapan Fest 2020’ yang mengusung tema ‘The Age of Collaboration’ membuka ruang seluas-luasnya bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk berkembang luas.

“Industri pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan pertumbuhan bagi sebagian ekonomi dunia, termasuk Indonesia. Di tahun inilah saya merasa adalah tahun kebangkitan bagi ekonomi kreatif di Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan. Untuk itu saya sangat membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat. Jika ekonomi kreatif tumbuh maka masyarakat sejahtera,” kata Rizal Effendi dalam siaran pers yang diterima oleh Beritadaerah.co.id, Jumat (7/2).

Menurut Rizal, Balikpapan dan Kalimantan Timur pada umumnya cukup lama tertidur dan nyaman dengan keberadaan sumber daya alam yang lama kelamaan tentunya akan habis. Ada sektor lain yang tidak dikembangkan selama ini, yakni pariwisata dan ekonomi kreatif. Kami mulai bangkit untuk mencoba mensejahterakan masyarakat pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dimana bahan-bahannya semua sudah tersedia di alam

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Balikpapan Doortje Marpaung, mengatakan ‘Balikpapan Fest 2020’ merupakan bagian dari perayaan HUT Balikpapan ke-123. Acara ini akan mengkolaborasikan seni, hiburan, budaya, fashion, dan ekonomi kreatif.

Sementara itu Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaran Kegiatan (Events) Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani Mustafa mengatakan bahwa Balikpapan Fest 2020 akan menjadi momentum liburan yang fantastis. Bukan hanya menggembirakan, tapi juga ada inspirasi besar. Saya optimistis pariwisata dan industri kreatif di Balikpapan akan terus naik. Sebab, semua lini dilestarikan dan terus dikembangkan dengan serius.

‘Balikpapan Fest 2020’ menyuguhkan enam konten menarik, mulai dari Food and Music, Fashion, Dance Festival, Folklore & Orchestra, Karnaval, hingga Film Festival.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).