Ilustrasi: Menkominfo Johnny G. Plate (Foto: Kemkominfo)

Pemerintah Dukung Infrastruktur Telekomunikasi Wilayah 3T

(Beritadaerah – Infrastruktur) Pembangunan infastruktur di wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) terus digenjot oleh pemerintah. Tidak hanya pelabuhan laut dan bandar udara tapi juga jaringan telekomunikasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (5/2/2020). “Kami sedang meyakinkan para operator selular ikut mendukung pembangunan infastruktur telekomunikasi di wilayah 3T,” kata Menkominfo.

Memang pemerintah berupaya secara maksimal agar masyarakat yang berada di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) dapat mengakses layanan telekomunikasi secara berkualitas dalam beberapa tahun kedepan.

Menurut Johnny G. Plate, dukungan operator selular sangat penting dalam mewujudkan akses telekomunikasi yang berkualitas di wilayah 3T ini. Karena, operator merupakan ujung tombak pembangunan infrastruktur telekomunikasi di dalam negeri.

Berbagai upaya dilakukan Menkominfo, untuk menarik para operator selular agar berminat membangun daerah 3T. Antara lain pihaknya telah membangun fasilitas pendukung penyelenggaraan telekomunikasi. Contohnya, apabila di wilayah 3T tidak terdapat sumber listrik, maka pemerintah akan membangun sumber listrik.

“Kita akan terus menggunakan semua cara untuk menghadirkan operator selular di wilayah 3T,” imbuhnya.

Pembangunan infrastruktur untuk daerah 3 T tersebut, berasal dari dana Universal Service Obligation (USO), berjumlah sekitar Rp3 triliun pada setiap tahunnya. Dana ini diperoleh dari insentif sebesar 1,25 persen dari keuntungan para operator untuk diberikan kepada pemerintah dalam rangka mendukung pembangunan penyelenggaraan telekomunikasi dalam negeri.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.