Kunjungan Presiden Jokowi ke Desa Harkat Jaya, Sukajaya, Bogor (Foto: Maruli Sinambela/ Vibizmedia)

Presiden Jokowi Tinjau Desa Harkat Jaya dan Lokasi Tanam Vetiver

(Beritadaerah – Nasional) Upaya yang dilakukan pemerintah terhadap daerah terdampak bencana terus dilakukan. Dalam hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaruh perhatian besar untuk mencegah bencana longsor di tanah air ini.

Hari ini, Senin (3/2/2020), dalam suasana hujan gerimis, Presiden Jokowi Bersama rombongan melihat langsung pelaksanaan pencegahan di daerah bencana. Jokowi mengunjungi Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Desa Harkat Jaya ini merupakan salah satu lokasi banjir dan longsor terparah di Jawa Barat, dimana askes jalan dan jembatan dalam kondisi terputus akibat longsor.

Suasana Desa Harkat Jaya yang terdampak longsor (Foto: Maruli Sinambela/ Vibizmedia)

Kunjungan ke desa Harkat Jaya ini adalah kunjungan kedua Presiden Jokowi sejak terjadinya bencana longsor di awal Januari 2020 lalu. Namun baru kali ini Jokowi berhasil tiba sampai desa Harkat Jaya, sebelumnya tidak berhasil dikarenakan cuaca buruk. Waktu itu helikopter kepresidenan tidak dapat mendarat di lokasi.

Nampak hadir mendampingi Presiden Jokowi beberapa menteri seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Doni Monardo, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Usai kunjungan ke desa Harkat Jaya, Presiden Jokowi melakukan peninjauan ke lokasi yang sedang direhabilitasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dengan pemasangan tanggul penahan sedimen. Tanggul dibuat dari bronjong, yaitu susunan batu-batu yang dibungkus dengan anyaman kawat.

Presiden Jokowi juga melakukan penanaman rumput vetiver yang akar serabutnya dapat masuk menembus tanah hingga kedalaman 6 meter. Tanaman ini berfungsi menahan lapisan tanah serta mampu mencegah erosi dan sedimentasi, memperbaiki kualitas tanah, juga memperbaiki kualitas air.
”Jadi ini adalah vetiver yang ini kita tanam. Fungsinya adalah agar lahan-lahan yang ada ini tidak kritis, karena akarnya bisa sampai 3-4 meter ini, vetiver ini, ya,” kata Presiden dalam acara Penanaman Tanaman Vetiver Serentak.

Sebagaimana biasa, dalam kunjungannya, Presiden Jokowi menyempatkan menyapa masyarakat Desa Harkat Jaya yang antusias mengikuti acara tersebut. Kemudian Presiden dan rombongan meninjau Kebun bibit Desa Kantor Kecamatan Sukajaya, di Desa Pasir Madang, Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang merupakan rehabilitasi lingkungan dan penanggulangan bencana.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center