Telaga Nirwana, Rote (Photo: Ida/Kontributor BD)

Kecantikan Tersembunyi, Telaga Nirwana Pulau Rote

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Rote, pulau paling selatan di Indonesia ini merupakan salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur yang sangat mempesona dan memiliki banyak destinasi wisata yang keindahannya takkan pernah bisa terkatakan. Salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi adalah Telaga Nirwana.

Telaga Nirwana, Rote (Photo: Ida/Kontributor BD)

Telaga Nirwana merupakan salah satu tempat wisata yang belakangan ini ramai dikunjungi wisatawan. Tempat ini nama nya Telaga Nirwana dan para tourist biasa menyebutnya Blue Lagoon. Lokasinya ada di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao-Nusa Tenggara Timur.

Telaga Nirwana, Rote (Photo: Ida/Kontributor BD)

Ketika tiba di tujuan, para tourist akan disambut pemandangan indah yang tak bakal terlupakan. Benar-benar bagaikan sebuah kepingan surga tersembunyi. Telaga yang mulai populer dua tahun belakangan ini memiliki air yang jernih dan bening, ditambahkan lagi dengan suasana yang sejuk.

Karena keindahan pantainya biasanya para tourist kesini untuk melakukan beberapa aktivitas seperti Kano/Kayak atau pun Stand Up Paddle melewati hutan Mangrove dan bermuara di Telaga Nirwana (Blue Lagoon). Selain itu mereka juga bisa menyewa kapal nelayan untuk mengelilingi pantai ini, tourist biasanya akan di kenakan tarif Rp. 150-200 ribu untuk sewa kapal/perahu nelayan.

Telaga Nirwana, Rote (Photo: Ida/Kontributor BD)

Bagi yang hobi berenang, telaga ini sangat aman untuk berenang santai. Selain perairan di sekitarnya begitu tenang, permukaannya juga terlihat sangat jernih. Bahkan saking jernihnya, kita bahkan bisa langsung melihat sampai ke dasarnya lho!

Telaga Nirwana, Rote (Photo: Ida/Kontributor BD)

Posisi Telaga Nirwana bisa dibilang cukup strategis, kalau dilihat dari keseruan dan pemandangan yang ditawarkan. Bagaimana tidak, telaga ini dikelilingi pepohonan rindang dan hijau yang tumbuh subur. Lantaran belum terlalu dikenal masyarakat luas, atmosfer di sekitarnya relatif sepi. Sehingga para pengunjung bisa berenang atau sekedar berendam sepuasnya, bagaikan berada di private pool. Sensasinya pastilah sangat menyenangkan, apalagi ditemani udara sejuk serta kicauan burung merdu.

Untuk sampai ke sini bisa menggunakan flight dari Jakarta -Kupang/Bali-Kupang. Setelah tiba di Kupang ada dua alternatif yang di pilih untuk sampai ke Pulau Rote.
1. Bisa menggunakan Pesawat dengan jadwal keberangkatan pagi 6.30 dan sore hari 15.15. Waktu yang ditempuh sekitar 20 menit.
2. Bisa menggunakan fast ferry dengan jdwal keberangkatan Kupang -Rote jam 8.30 pagi dan jam siang. Khusus hari Selasa dan Minggu hanya ada 1x jdwal keberangkatan yaitu jam 8.30 pagi. Waktu yang ditempuh fast ferry sekitar 2 jam perjalanan.

Setelah tiba di Rote (pelabuhan/Airport) bisa menggunakan jasa rental mobil untuk di antar ke Telaga Nirwana dan memakan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan. Meskipun cukup panjang perjalanan untuk tiba di Telaga Nirwana, tetapi kecantikannya yang akan kita lihat pastilah akan membayar lunas semua perjuangan untuk tiba disana.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.