Fasilitas Garbata di Yogyakarta International Airport (Foto : Dephub)

Menhub Dampingi Presiden Jokowi Meninjau Bandara Internasional Yogyakarta

(Beritadaerah – Yogyakarta) Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka kunjungan kerja ke Yogyakarta, salah satunya untuk meninjau Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, Jawa Tengah. Selain itu juga Presiden Jokowi akan menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat. Rencananya, kegiatan tersebut digelar di Gedung Taman Budaya, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Mengutip laman Dephub, Kamis (30/1), Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan menyampaikan bahwa Menhub dijadwalkan mendampingi Presiden ke Yogyakarta.

Berdasarkan informasi dari PT AP I, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) ditargetkan akan beroperasi secara penuh pada 29 Maret 2020, di mana seluruh penerbangan di Bandara Adisutjipto (JOG) akan dialihkan ke YIA, kecuali penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal yang menggunakan pesawat propeller/baling-baling, serta penerbangan VIP menggunakan pesawat jet pribadi.

YIA sendiri memiliki luas terminal 210.000 m2 dengan kapasitas penumpang sebanyak 14 juta penumpang/tahun. Selain itu YIA memiliki runway atau landas pacu sepanjang 3.250 x 45 meter dengan 23 parking stand seluas 159.140 m2.

Keberadaan YIA semakin meningkatkan konektivitas di Jawa Tengah khususnya di Jogjakarta, Solo, Semarang (Joglosemar) dan sekitarnya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian melalui pengembangan destinasi pariwisata di mana Borobudur menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas.

Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk menjadi “Penghubung Indonesia” dengan melanjutkan berbagai pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi yang dapat meningkatkan konektivitas atau keterhubungan ke kawasan industri, daerah pariwisata, mendukung angkutan logistik dan daerah Terluar, Terpencil, Tertinggal dan Perbatasan (3TP).

YIA diharapkan dapat mengatasi kekurangan di Bandara Adisucipto Yogyakarta, meningkatkan kualitas pelayanan kepada jasa bandara, serta memacu perkembangan perekonomian, aktivitas bisnis, dan mendukung kegiatan pariwisata Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan.

Sebelumnya Presiden Jokowi pada hari Kamis sore (30/1), bersama rombongan dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur telah berangkat menuju Yogyakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, sekitar pukul 17.00 WIB.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

4 comments

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys…

  2. Wow mantaps bandara internasional Yogyakarta akan segera beroprasi secara penuh bulan Maret 2020. Bertambah lagi kebanggaan Indonesiaku. Aku bangga Indonesia.

  3. Semoga dengan beroperasinya Bandara baru di Yogyakarta, akan semakin meningkatkan pendapatan daerah, salah satunya dengan banyaknya wisawatan yang akan berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah.

  4. yuuukkk MABAR game qqharian,info guuys….
    seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga,
    banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa….
    mau kaya ya di qqharian,info ajaaa bukan yang lain..
    Click Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.