Ilustrasi: Gerbang Selamat Datang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim (Dok. Wikipedia)

Awal 2020 PT SMI Telah Kucurkan Pinjaman Dukung Ibu Kota Baru

(Beritadaerah – Nasional) PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI telah merealisasikan pembiayaan berupa pinjaman ke Kabupaten Penajam Paser Utara – Kalimantan Timur sebesar Rp348,2 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan guna mendukung pembangunan ibu kota baru.

“Pembiayaan sebesar Rp348,2 miliar itu untuk membangun jalan sepanjang 43,89 kilometer,” kata Erdian Dharmasaputra, Kepala Divisi Pembiayaan Daerah PT SMI, Senin (27/1).

Sebelumnya, Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Tohar mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menerima pinjaman sekitar Rp348 miliar dari PT SMI ini dalam rangka merampungkan sejumlah proyek pembangunan.

Dana pinjaman dari PT SMI ini akan digunakan untuk membiayai tujuh proyek Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, yang didanai melalui skema tahun jamak atau multiyears ini telah disetujui PT SMI pada tahun 2017.

Proyek yang akan dikerjakan dengan pendanaan dari pinjaman PT SMI ini meliputi akses jalan Pelabuhan Benuo Taka, akses jalan Masjid Ar Rahman dari Kapao hingga Kawasan Industri Buluminung, akses jalan Masjid Al Ula hingga Pelabuhan Benuo Taka, serta akses jalan Riko menuju Gersik.

Berikutnya jalan Haji Jumaiyah menuju Kelurahan Sungai Paret sampai pusat pemerintahan, akses jalan pendekat wilayah Kopi-Kopi Tanjung Jumlai menuju pusat kota, dan pembangunan akses jalan tahap kedua dari Kelurahan Riko hingga jembatan Pulau Balang.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center