Jalur Kereta Cibatu - Garut di Desa Sukahaji, Kab. Garut (Foto : Visit Garut)

Dukung Kemudahan Akses Wisatawan, Pemkab Garut Reaktivasi Jalur Kereta Api

(Beritadaerah – Jawa) Bupati Garut Rudy Gunawan menerima kunjungan dari PT. KAI Daop 2 Bandung pada hari Senin (27/1), diantaranya yang hadir adalah Excecutive Vice President (EVP) PT KAI Daop 2 Bandung Fredi Firmansyah, Senior Manager Pengamanan Kolonel Laut Gatot, Senior Manager Aset Desra, Manager Humas Noxy Citrea Bridara, dan Perwakilan dari PT. KA Properti Manajemen atau KAPM yang merupakan salah satu anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero). Kunjungan ini terkait dengan launching jalur kereta api Garut.

Bupati Garut menyambut dengan senang terhadap apa yang diinformasikan tim PT. KAI  Daop 2 Bandung dan sangat berterima kasih terhadap rekan-rekan dari Daop 2 Bandung yang telah secara cepat dalam pembangunan kereta api ke Garut.

Saat ini Garut telah menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki banyak tempat wiasata unggulan. Pemerintah Kabupaten Garut telah mempersiapkan sejumlah infrastruktur pendukung pariwisata, salah satunya adalah Kereta Api.

Setelah lebih dari 30 tahun tidak akitf, perjalanan kereta api dari Stasiun Cibatu menuju Stasiun Garut dengan panjang jarak 20 kilometer dalam waktu dekat akan resmi dioperasikan. Menghadapi reaktivasi jalur kereta tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau sering disapa Kang Emil meminta Pemerintah Kabupaten Garut bersiap diri dalam berbagai hal karena dipastikan akan banyak wisatawan datang ke Garut.

“Kereta api yang dulu mati sekarang sudah hidup lagi, yang dulu ada hunian-hunian liat sekarang sudah bebas sehingga warga dari Jakarta, Bandung dari mana-mana bisa datang berwisata, berekonomi di Garut,” ucap Gubernur Jawa Barat yang dikutip laman Jabarprov, Senin (27/1).

Gubernur mengharapkan, reaktivasi jalur kereta dari Stasiun Cibatu hingga Stasiun Garut sepanjang 20 km ini bisa membawa dampak ekonomi yang baik kepada daerah, khususnya Kabupaten Garut. Dimana ada konektivitas, disitu ada kegiatan ekonomi dan ini akan membawa ekonomi luar biasa.

Gubernur menyatakan, kehadiran kereta api tentu memberikan alternatif bagi wisatawan untuk pergi ke Garut, dengan begitu akan semakin banyak orang yang datang ke Garut, dimana setiap datang arus manusia, ekonomi akan meningkat, pariwisata khususnya.

Jika tidak ada perubahan jadwal, reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut akan diresmikan pekan depan, bila tidak ada perubahan jadwal. Dengan reaktivasi kereta, warga maupun wisatawan dapat mudah datang ke Garut.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).