(Beritadaerah – Banyuwangi) Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember menggelar Forum Koordinasi Pimpinan Perbankan di Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam forum tersebut Bank Indonesia (BI) menyebutkan, perekonomian Kabupaten Banyuwangi pada 2019 diyakini tumbuh sebesar 5,86 persen. Angka itu tercatat tumbuh paling tinggi dibandingkan daerah lain di wilayah Eks Karesidenan Besuki dan Lumajang atau yang biasa disebut wilayah Sekar Kijang yang meliputi Situbondo, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, dan Lumajang. Daerah-daerah tersebut berada di wilayah timur Pulau Jawa.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jember, Hestu Wibowo, mengatakan, pertumbuhan ekonomi Banyuwangi tahun 2019 memang diperkirakan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu sebesar 5,86 persen dibanding 5,84 persen pada 2018.

Hestu lantas menjelaskan, dari sisi permintaan, peningkatan pertumbuhan Banyuwangi tersebut ditopang oleh terjaganya konsumsi masyarakat. Sementara dari sisi penawaran, kinerja sektor utama yang meliputi sektor pertanian, perdagangan, dan industri, turut mengalami peningkatan di tengah terjaganya konsumsi.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menanggapi penjelasan BI terkait dengan pertumbuhan Banyuwangi yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

”Di tengah perlambatan ekonomi, Banyuwangi terus mencatatkan kinerja positif. Tantangan ke depan adalah menjaga tren pertumbuhan ini, apalagi kita dihadapkan pada ancaman perlambatan ekonomi dunia yang pasti berdampak ke ekonomi nasional,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang dikutip laman Banyuwangikab, Minggu (26/1).

Anas menambahkan, tantangan lain yang harus dijawab adalah mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Oleh karena itu, konsep pariwisata berbasis warga terus didorong, antara lain melalui pasar-pasar wisata kuliner berbasis rakyat. Demikian pula sektor pertanian.

Ditambahkan oleh Anas bahwa kami juga berharap sejumlah sentra ekonomi baru yang tumbuh karena investasi industri kereta api PT INKA, Marina Pantai Boom, Jatim Park, hingga kehadiran hotel-hotel berbintang baru ikut mempercepat ekonomi Banyuwangi.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.