(Beritadaerah – Jakarta) Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa Kepala Perwakilan Republik Indonesia (Kepala Perwakilan RI) di luar negeri harus melakukan diplomasi ekonomi yang strategis untuk mendukung ekspor Indonesia sekaligus membangun iklim investasi sehat di Indonesia. Menkeu sampaikan dalam Rapat Kerja Kepala Perwakilan RI dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di Kantor Kemenlu, Jakarta pada Kamis (09/01) lalu.

Dalam acara yang dihadiri oleh 132 Kepala Perwakilan RI itu Menkeu tekankan bahwa setiap Kepala Perwakilan harus mempu menjelaskan bagaimana keadaan ekonomi Indonesia sehingga Indonesia memiliki prospek yang baik untuk investor di luar negeri.

“Saya ingin memberikan kaleidoskop 2019 untuk memberikan ilustrasi apa itu dinamika dan bagaimana pengaruhnya ke ekonomi kita sehingga Bapak Ibu sekalian bisa menjelaskan ekonomi Indonesia bahwa kita sangat yakin ekonomi Indonesia cukup baik dan itu merupakan salah satu bahan dasar bagi kita untuk memiliki standing (posisi strategis dalam kancah) internasional,” demikian dijelaskan oleh Menkeu.

Menkeu menambahkan juga bahwa Kepala Perwakilan RI bisa menawarkan insentif Tax Holiday dan Tax Allowance kepada calon investor yang saat ini prosesnya sudah lebih sederhana dan lebih cepat.

“Perusahaan maupun investor membutuhkan investasi. Untuk mereka mau investasi, kita bisa memberikan insentif dalam bentuk Tax Holiday dan cukup signifikan, sehingga perusahaan mau mengambil resiko. Untuk tax Holiday ini, Bapak/Ibu sekalian bisa menjelaskan kepada calon investor (bahwa Tax Holiday) sekarang ini prosesnya simple dan cepat apakah you want to invest di daerah atau di area yang menjadi priority pemerintah,” demikian Menkeu jelaskan pada para Kepala Perwakilan Republik Indonesia.

About The Author

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Related Posts