Kunjungan Presiden Jokowi ke UEA Menghasilkan 16 Kesepakatan

(Beritadaerah – Jakarta) Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tiba sejak hari Minggu (12/1) di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA) telah melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Syekh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Dari kunjungan ini Presiden Joko Widodo ke Uni Emirat Arab (UEA) telah menghasilkan 16 kesepakatan, terdiri dari lima perjanjian kerja sama antara dua pemerintahan dan 11 lainnya antara pelaku usaha di kedua negara.

Presiden Jokowi mengapresiasi kemajuan yang signifikan dalam hubungan kerja sama antara Indonesia dan UEA saat mengadakan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA Mohamed bin Zayed di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan di Abu Dhabi, UEA, Minggu (12/1).

Sementara itu Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed bin Zayed mengatakan bahwa hubungan kedua negara masih dapat ditingkatkan dan lebih erat. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Mohamed bin Zayed juga menyaksikan pertukaran 16 perjanjian kerja sama antara delegasi Indonesia dan UEA.

“UEA akan tetap menjadi salah satu mitra penting kerja sama ekonomi Indonesia, terutama di bidang investasi,” ucap Presiden Jokowi yang dikutip laman Infopublik, Senin (13/1).

Adapun perjanjian kerja sama tersebut terdiri atas 5 perjanjian antar pemerintah di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme. Selain itu, terdapat pula 11 perjanjian bisnis antara lain di bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset dengan estimasi total nilai investasi sebesar 22,89 miliar dolar AS atau sekitar 314,9 triliun rupiah.

Selain pertemuan dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Syekh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Presiden Jokowi juga menghadiri acara Abu Dhabi Sustainability Week. Sebagai informasi, acara Abu Dhabi Sustainability Week merupakan forum yang membahas mengenai masalah sustainable energy, environment, dan sebagainya, serta dihadiri oleh berbagai negara yang menjadi undangan pada forum tersebut.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke UEA yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi  dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.