(Beritadaerah – Banyuwangi) Menjelang liburan akhir tahun 2019, Kabupaten Banyuwangi sebagai destinasi wisata bagi wisatawan nusantara dan mancanegara menyiapkan sarana dan beragam atraksi. Banyuwangi memberikan paket lengkap wisata bagi wisatawan untuk dapat melakukan city tour, wisata alam gunung ijen, hingga wisata kuliner. Beberapa lokasi wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan seperti tempat bersejarah, wisata alam dan pantai, rumah khas suku Osing dan lainnya. Pastinya lokasi wisata tersebut instagrammable.

Pesona wisata yang dimiliki oleh Banyuwangi menjadi daya tarik bagi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur Ridwan Kamil bersama dengan keluarga berlibur akhir tahun di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, telah mendarat di Bandara Banyuwangi, Rabu (25/12), setelah menempuh perjalanan dengan pesawat komersial rute Bandung-Banyuwangi.

”Bandara Banyuwangi luar biasa. Ini bandara yang arsitekturnya salah satu yang paling keren di Indonesia. Kecil, tapi sangat unik. Saya senang ada di Banyuwangi,” ujar Kang Emil yang dikutip laman Banyuwangikab, Rabu (25/12).

Bandara Banyuwangi dikenal sebagai bandara pertama di Indonesia yang mengadopsi konsep terminal hijau. Desain terminal hijau ikonik yang menyita perhatian luas publik Indonesia itu dikerjakan arsitek Andra Matin.

Penanaman berbagai jenis tanaman, konservasi air, dan pencahayaan alami ikut mendukung konsep arsitektur hijau. Desain interior terminal dikonsep minim sekat untuk memperlancar sirkulasi udara dan sinar matahari. Berbagai sudut terminal dikelilingi kolam-kolam ikan yang berfungsi mengoreksi tekanan udara, sehingga suhu ruang tetap sejuk.

Ridwan Kamil merasa senang ada di Banyuwangi, dan berharap pariwisata serta pembangunan di berbagai bidang di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu bisa sukses untuk mencapai kemajuan-kemajuan baru. Kang Emil dan keluarga akan menginap di salah satu resort di bawah kaki Gunung Ijen.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi ada sejumlah destinasi wisata yang bisa diekplor. Beberapa yang sudah begitu terkenal ada Gunung Ijen dan Pantai Pulau Merah. Juga ada Hutan Djawatan di Kecamatan Benculuk yang terkenal sebagai Hutan Lord of The Ring.

Bagi penyuka wisata pantai ada sederet destinasi yang bisa dikunjungi di wilayah utara ada Bangsring Underwater dan Pantai Watu Dodol. Di wilayah selatan juga berjejer deretan pantai indah yang mempesona. Sebut saja Pantai Teluk hijau yang berpasir putih, Pantai Mustika yang menawarkan sensasi kuliner lobster segar, hingga Pantai Wedi Ireng yang disebut sebagai replika raja Ampat karena keindahan landscapenya.

Selain wisata tersebut, terdapat juga wisata kuliner seperti pasar jajanan tradisional di sejumlah tempat seperti di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah setiap malam minggu, dan Desa Kemiren Glagha setiap Minggu pagi. Juga ada Pasar Wit-witan setiap minggu pagi di Desa Alasmalang, Singojuruh.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.