(Beritadaerah – Nasional) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak mencatat, sebanyak 255.681 orang penumpang, 29.975 unit mobil pribadi, dan 6.695 unit roda dua telah menyeberang sejak H-6 hingga H-2 angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni yang menghubungkan Jawa dan Sumatera.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi di sela-sela kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rangka pantauan Angkutan Nataru ke Pelabuhan Banten, Merak, Selasa (24/12) mengatakan: “Untuk periode angkutan Natal dan Tahun Baru ini, arus penumpang lebih terdistributif karena libur Natal berbarengan dengan waktu libur anak sekolah, dan pengguna jasa telah mengatur waktu perjalanan dengan baik, sehingga pada tahun ini tingkat kepadatan saat puncak arus keberangkatan dapat berkurang dibandingkan tahun sebelumnya”.

Data Posko harian mencatat, pada Senin (H-3) pagi hingga Selasa (H-2) pagi jumlah penumpang yang menyeberang ke Bakauheni sebanyak 50.169 orang atau naik 37,1 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun 2018 lalu. Mobil pribadi sebanyak 5.702 unit atau naik 57,6 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 3.617 unit.

Jika dibandingkan dengan total jumlah pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni pada H-6 hingga H Tahun 2018, maka jumlah pemudik yang telah menyeberang pada H-6 s.d H-2 sampai dengan pukul 08:00 WIB pada 2019 dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni adalah sebanyak 255.681 orang, atau sudah mencapai 90,6 persen dari total penumpang 282.315 orang pada periode sama tahun lalu.

Diikuti kendaraan Roda 2 sebanyak 6.695 unit atau baru mencapai 68,7 persen dari total 9.751 unit pada tahun lalu, dan mobil pribadi telah menyeberang sebanya 29.975 unit atau sudah mencapai 95,9 persen dari total 31.243 unit yang menyeberang pada periode sama tahun lalu.

ASDP telah mempersiapkan fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai dalam mendukung layanan angkutan Nataru kali ini, baik dari segi kuantitas dan kualitas.

“Selain penyediaan fasilitas umum, kami juga mengoptimalkan petugas di lapangan, mulai dari personel di loket, pengamanan, pengatur trafik hingga petugas kesehatan. Target kami, tidak ada komplain dan layanan angkutan Nataru ini dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa. Tidak hanya di pelabuhan, tetapi juga selama perjalanan di atas kapal,” kata Ira.

Sementara itu, dalam kunjungannya, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi pelayanan angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Provinsi Banten yang mampu mendukung kelancaran dan keselamatan penumpang dan pengendara. Menurutnya, layanan Nataru berjalan dengan baik juga lancar tanpa terjadi antrean kendaraan.

Menhub juga mengapresiasi apa yang dilakuan Kepolisian Daerah (Polda) Banten, Wali Kota Cilegon, ASDP Cabang Merak, Basarnas, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub meminta ASDP agar terus meningkatkan kualitas pelayanan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang hendak menyeberang melalui pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, utamanya soal ketepatan waktu kapal bersandar agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.