Menteri PUPR : 3 Pemenang Sayembara Desain Dikirim ke Calon Ibu Kota Negara

(Beritadaerah – Jakarta) Desain bertema Nagara Rimba Nusantara telah ditetapkan menjadi pemenang pertama dalam sayembara desain ibu kota baru yang berlokasi di Kalimantan Timur. Selanjutnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengirim 3 (tiga) pemenang teratas Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) ke lokasi calon IKN di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk penajaman gagasan desain dengan kondisi lapangan. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai pengumuman pemenang Sayembara Gagasan Desain IKN di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (23/12).

“Diharapkan dengan melihat ke lokasi, akan didapatkan pengalaman dan sense terbaik sebagai dasar penyusunan detail desain yang akan dimulai tahun 2020,” kata Menteri PUPR Basuki yang dikutip laman Setkab, Senin (23/12).

Survei langsung ke lapangan yang akan dilaksanakan pada Januari 2020 selama 2-3 hari ini, Menteri PUPR berharap para pemenang desain akan mendapatkan gambaran langsung untuk bisa menyusun desain yang lebih terinci yang mengadopsi kondisi alam dan budaya Kalimantan serta mencerminkan visi Indonesia kedepan.

Menurut Menteri PUPR, survei lapangan juga diperlukan untuk memastikan rancangan yang akan disusun telah sesuai dengan rencana lokasi pembangunan prasarana dasar seperti Bendungan Sepaku Semoi yang akan dibangun pada 2020. Detail desain akan dimulai dari titik pusat Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP)-IKN untuk rencana pembangunan prasarana dasar yakni jalan, bendungan, dan drainase dengan luasan 4.000 – 6.000 ha.

Menteri PUPR Basuki juga mengingatkan akan kondisi lingkungan alam dan habitat hewan yakni terkait pembangunan jalan menuju IKN juga harus dilaksanakan dengan hati-hati, karena di hulu lokasi IKN tepatnya di Teluk Balikpapan terdapat tempat yang menjadi habitat Bekantan yang harus dilindungi. Bekantan ini hanya ada di Kalimantan dan mungkin terbanyak di Teluk Balikpapan, untuk itu akan dilindungi dengan pagar sehingga tidak akan terdampak pembangunan.

Detail desain IKN tersebut diungkapkan Menteri PUPR akan menjadi tahapan pertama setelah adanya landasan hukum berupa Undang-Undang (UU) pemindahan Ibu Kota, sehingga harapannya pada semester kedua, kuartal keempat tahun 2020 sudah bisa dilakukan groundbreaking pembangunan fisik IKN. Untuk tahapan selanjutnya Menteri PUPR berharap agar para pemenang dapat terbuka dan kolaboratif atas hasil karya mereka sehingga didapat hasil terbaik untuk detail desain. Sesuai pesan Presiden Jokowi, Menteri PUPR juga menyebut hasil detail desain IKN nanti tidak hanya bagus namun juga harus memiliki nilai pembeda dari desain-desain Ibu Kota negara lain di dunia.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.