Terminal Pulo Gebang Inovasi Layanan Untuk Kenyamanan Penumpang (Foto: Kemkominfo)

Terminal Pulo Gebang Inovasi Layanan Untuk Kenyamanan Penumpang

(Beritadaerah – Jakarta) Pemerintah DKI, sambut meningkatnya arus angkutan Nataru (Natal dan Tahun Baru 2020) meningkatkan layanan pada beberapa fasilitas publik. Sebagai contoh telah disediakan empat pelayanan publik oleh pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, DKI Jakarta demi membuat seluruh masyarakat yang memakai jasa transportasi darat menjadi lebih nyaman dan aman.

Pelayanan publik yang sediakan antara lain taman membaca, taman bermain, ruang cek kesehatan, dan satu lagi uji kelayakan jalan transportasi darat (ramp check).

“Kami senantiasa melakukan perbaikan pelayanan untuk membuat penumpang menjadi nyaman dan aman ketika menunggu bus,” ujar Komandan Regu UPT Terpadu Pulo Gebang Anwar Mansyur kepada di Jakarta, MInggu (22/12).

Agar para calon penumpang merasak nyaman saat menunggu keberangkatan bus di ruang tunggu, pihak pengelola membuat taman bacaan bagi penumpang seluas 3 x 10 meter. Seluruh bahan bacaan yang terdapat di fasilitas itu dapat dipergunakan dengan secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya.

Kemudian, disamping taman bacaan terdapat fasilitas taman bermain untuk anak dengan luas 5×10 meter yang terletak di sudut depan. Fasilitas ini disediakan untuk membuat anak-anak dari berbagai jenis umur dapat bermain pada saat menunggu bus.

“Selagi anaknya main di taman bermain, para orang tua bisa menunggu sambil membaca buku di taman bacaan,” katanya.

Dalam menjamin keamanan dalam melakukan perjalan liburan natal dan tahun baru pengelola terminal juga memberikan layanan kesehatan gratis bagi seluruh penumpang yaitu pemeriksaan kesehatan dan mendapatkan pengobatan standar di layanan kesehatan ini.

Terakhir melakukan pemeriksaan secara rutin kelayakan kendaraan (ramp check) berkala pada setiap moda kendaraan angkutan umum yang digunakan masyarakat melakukan mudik. “Semuanya bertujuan agar masyarakat dapat aman sampai tujuan,” imbuhnya.

Herwantoro/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center