(Beritadaerah – Nasional) Lonjakan penumpang dalam rangka liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) diprediksi sebanyak 2,23 juta orang, naik 4,7 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 2,13 juta orang.

Moda terbanyak berikutnya adalah kendaraan roda 4, yakni sebanyak 305.173 unit atau naik 4,6 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 291.650 unit, dan berikutnya roda 2 sebanyak 175.100 atau naik 4,2 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 168.072 unit.

Untuk memenuhi dan mengantisipasi jumlah penumpang tersebut, Direktur Tehnik dan Fasilitas ASDP, Lamane memastikan kesiapan sembilan lintasan terpantau nasional selama angkutan Natal dan Tahun Baru akan dilayani oleh 48 dermaga dan 187 unit kapal (termasuk swasta) yang tersebar di 15 unit pelabuhan, dan 11 cabang pelayanan yang berada di sejumlah kota Indonesia.

Khusus di lintas tersibuk Merak-Bakauheni, menurut Lamane, ASDP akan melakukan pengaturan kapal yang beroperasi dengan mengoperasikan kapal-kapal berukuran besar pada kondisi puncak, meningkatkan pelayanan di pelabuhan (menambah toll gate kendaraan R4, pengaturan parkir, manajemen lalu lintas, percepatan proses bongkar muat kapal serta peningkatan kualitas layanan).

Sebagai bagian dari kepedulian terhadap kesehatan dan kebugaran para pengguna jasa, ASDP menyediakan Posko Kesehatan Gratis di area pelabuhan, khususnya di Pelabuhan Bakauheni dan Ketapang. Di posko kesehatan ini, pengguna jasa dapat mengakses pemeriksaan kesehatan dan menyediakan medical kit berupa vitamin dan obat ringan secara gratis.

Layanan angkutan Natal dan Tahun Baru ASDP akan dimulai pada 19 Desember 2019, dan berakhir pada 6 Januari 2020. Sembilan lintasan penyeberangan yang terpantau nasional selama angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 yaitu: Merak – Bakauheni atau lintasan tersibuk yang dikelola, Ketapang – Gilimanuk, Padangbai- Lembar, Kayangan – Pototano, Tanjung Kelian – Tanjung Api-api, Bitung -Ternate, Hunimua – Waipirit, Ajibata-Ambarita dan Telaga Punggur – Tanjung Uban.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.