KKP : Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Pacific Aquaculture 2021

(Beritadaerah – Jakarta) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam hal ini Ditjen Perikanan Budidaya melakukan kerja sama dengan World Aquaculture Society (WAS), dan PT Tirta Anugerah Abadi dalam penyelenggaran Asian Pacific Aquaculture (APA) 2021 yang akan berlangsung di Surabaya, Indonesia pada tanggal 8 – 11 Juni 2021.

Sebelumnya Indonesia telah sukses menyelenggarakan Asian Pacific Aquaculture pada tahun 2016 di Surabaya, WAS kembali menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan event sejenis yakni APA 2021.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo yang menyaksikan penandatanganan kerja sama ini mengatakan bahwa event APA 2021 ini harus dijadikan ajang untuk menunjukkan pada dunia internasional bahwa pengelolaan budidaya perairan (akuakultur) di Indonesia dilakukan dengan cara-cara yang ramah lingkungan, sehingga produknya aman untuk dikonsumsi.

“Saya menyambut baik ajang ini karena punya nilai positif bagi Indonesia khususnya dalam rangka promosi produk, ajang tukar menukar informasi perkembangan akuakultur. Jika event ini besar, saya akan mencoba untuk memohon Bapak Presiden hadir pada acara ini. Kita harus dapat memanfaatkan momen APA ini dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan akuakultur nasional ,” kata Edhy yang dikutip laman KKP, Rabu (18/12).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada WAS yang kembali menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah event akuakultur berskala internasional ini. Ia menegaskan bahwa ajang ini menjadi penting untuk menunjukkan kalau aktivitas akuakultur di Indonesia selalu konsisten menerapkan prinsip good aquaculture practice, ramah lingkungan, dan tidak menggunakan obat obatan dan bahan kimia yang dilarang.

Slamet juga mengungkapkan alasan Surabaya kembali dipilih sebagai tuan rumah. Menurutnya, Surabaya menjadi salah satu daerah sentra budidaya, selain akses yang sangat mudah, baik dalam negeri maupun akses internasional. Di samping itu, tempat acara yang mampu menampung peserta dalam jumlah yang besar.

APA merupakan ajang pertemuan akuakultur terbesar di dunia yang dihelat oleh The Asian-Pasific Chapter World Aquaculture Society. APA 2021 akan dilaksanakan dalam bentuk konferensi dan pameran.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.