(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi)  mengangkat Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) pada Kabinet Kerja, Wiranto, menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024.

Penunjukan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor : 137/P/2019 tentang Pengangkatan Dalam Keanggotaan Dewan Pertimbangan Presiden dibacakan oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara pada 12 Desember 2019. Keppres ini dibacakan sebelum Presiden Jokowi melantik 9 (Sembilan) orang anggota Wantimpres periode 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12) siang.

Wantimpres periode 2019-2024 adalah Wiranto sebagai Ketua merangkap Anggota. Sedangkan anggota lainnya adalah: 1. Agung Laksono (Partai Golkar); 2. Arifin Panigoro (Pengusaha); 3. Soekarwo (mantan Gubernur Jatim); 4. Sidarto Danusubroto (PDIP); 5. M. Mardiono Bakar (PPP); 6. Dato Sri Tahir (Pengusaha); 7. Habib Lutfi bin Yahya (Ulama); dan Putri Kuswinu Wardarni (Pengusaha).

Sesuai Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2006 tentang Dewan Pertimbangan Presiden, Wantimpres bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden.

Presiden Jokowi mengemukakan pertimbangan untuk memilih 9 (sembilan) anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024 adalah rekam jejak pengalaman di bidang masing-masing. Selain itu juga terkait dengan kapabilitas dan integritas. “Saya kira beliau-beliau ini ya memiliki kapasitas untuk memberikan nasehat dan pertimbangan kepada Presiden baik diminta maupun tidak diminta. Saya kira beliau-beliau memiliki kapasitas yang baik,” kata Presiden Jokowi.

Pelantikan anggota Wantimpres periode 2019-2024 ini dihadiri oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPD RI La Nyala Mattaliti, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menkominfo Johny G. Plate, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Kepala BIN Budi Gunawan, Jaksa Agung ST. Hasanuddin, dan sejumlah pejabat lainnya.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.