Kepala BKPM Pastikan Realisasi Investasi Berjalan dengan Baik di Provinsi Riau

(Beritadaerah – Riau) Pada pertengahan bulan November 2019, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan pertemuan dengan Kepala DPMPTSP Provinsi seluruh Indonesia serta Kepala KPBPB dan KEK. Dalam pertemuan tersebut membahas dan diskusi terkait arah kebijakan investasi Indonesia.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan untuk menjadikan Indonesia surga investasi, perlu diwujudkan melalui perbaikan iklim investasi, peningkatan kemudahan berusaha, percepatan realisasi investasi dan mengatasi hambatan yang dihadapi investor, peningkatan peran usaha dalam negeri (PMDN) khususnya UMKM dalam perekonomian.

Terkait dengan masuknya perusahaan yang  berinvestasi di Provinsi Riau, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berangkat langsung mengunjungi perusahaan di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Minggu (8/12).

Dalam kunjungan ini Kepala BKPM didampingi oleh Direktur Wilayah I, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Agus Joko Saptono, Sekretaris Daerah Provinsi Riau H. Yan Prana Jaya Indra Rasyid, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau Eva Revita, dan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau Asrizal, Kepala DPMPTSP Kabupaten Bengkalis Basuki Rakhmad, Wali Kota Dumai Zulkifli Adnan Singkah , Kepala DPMPTSP Kota Dumai Hendri Sandra, Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis H. Zul Asri, Camat Pulau Rupat Khairunnazri, dan Camat Rupat Utara Agus Sofyan.

“Melihat perusahaan sudah serius, kami menghimbau kepada Bapak dan Ibu jajaran pemerintah pusat dan daerah agar membantu dipercepat pembangunannya,” kata Kepala BKPM dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Senin sore (9/12).

Kunjungan ini untuk memastikan bahwa perusahaan dapat segera merealisasikan rencananya membangun industri gula dengan sumber dari perkebunan tebu di lahan seluas 150,000 Ha. Kunjungan juga dilakukan ke Pabrik Gula PT. Sumber Mutiara Indah Perdana (SMIP) yang sudah dibangun. Menurut Kepala BKPM lokasi perkebunan sangat strategis karena berdekatan dengan pusat perindustrian di Kota Dumai.

Dalam berbagai kesempatan, Kepala BKPM menekankan pentingnya investasi agar memberikan dampak bagi perekonomian kawasan dimana investasi dilakukan. Investasi yang bermanfaat adalah investasi yang terealisasi hingga berproduksi. Pemerintah saat ini terus fokus untuk mengatasi investasi yang telah ada namun terkendala, agar terealisasi dan dapat segera berproduksi.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).