(Beritadaerah – Jakarta) Pada hari Senin (09/12) dalam acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Tiga Lapis Pertahanan (Three Lines of Defense) adalah poin penting untuk membangun integritas pencegahan korupsi di lingkungan Kemenkeu.

Pertahanan pertama (first line of defense) yang disampaikan oleh Menkeu adalah pemahaman tentang nilai-nilai Kemenkeu, dimana role modelnya adalah atasan langsung atau Aparatur Sipil Negara (ASN) itu sendiri. Sedangkan pertahanan lapis kedua (second line of defense) adalah sistem kepatuhan internal ditiap unit kerja. Inspektorat Jenderal (Itjen) sebagai APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah) menjalankan peran sebagai Pertahanan Lapis Ketiga (Third line of defense).

(Photo: Kemenkeu_

“Integritas itu penting. Oleh karena itu, kami selalu tetap waspada karena kami dihadapkan pada situasi yang setiap hari memang bisa memberikan godaan. Walaupun kita sudah melakukan reformasi birokrasi, tetapi tetap selalu saja akan ada godaan,” demikian disamaikan oleh Menkeu saat acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2019.

Dalam kesempatan tersebut Menkeu juga berharap agar KPK tidak dianggap sebagai ancaman tetapi sebagai institusi yang ikut menjaga pencegahan korupsi. “Tugas paling berat dari KPK adalah memindahkan mindset itu, menciptakan society yang best of trust. Kalau ASN merasa bahwa ini adalah partnernya, maka akan terjadi trust. Karena di dalam level masyarakat kalau ada trust maka ekonominya akan maju luar biasa,” demikian ditegaskan oleh Menkeu.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.